Belajar Biologi | Belajar Sains

Perkembangbiakan Pada Makhluk Hidup

Advertisement

Advertisement


loading...

Makhluk hidup ada di sekeliling kita, bahkan di lingkungan terkecil pun, kita dapat menemukan makhluk hidup. Tanpa kita sadari makhluk hidup di sekitar kita, kian hari kian bertambah jumlah. Contohnya saja manusia. Populasi manusia semakin bertambah dari tahun ke tahun. Mengapa hal terjadi?

Setiap makhluk hidup berusaha melestarikan jenisnya dari kepunahan. Oleh karena itu, setiap makhluk hidup memliki kemampuan untuk berkembang biak. Berkembang biak adalah cara menghasilkan keturunan atau anak. Lalu, bagaimana halnya dengan hewan dan tumbuhan? Samakah cara
perkembangbiakan hewan dan tumbuhan? Jawaban mengenai pertanyaan tersebut akan kalian dapatkan setelah mempelajari bab ini.

Secara umum perkembangbiakkan makhluk hidup dibedakan menjadi dua cara, yaitu:

a. Perkembangbiakan secara vegetatif (tidak kawin), yaitu individu baru (anak) berasal hanya dari satu induk saja sehingga individu baru merupakan bagian tubuh induknya. Sifat-sifat individu baru sama persis dengan induknya.

b. Perkembangbiakan secara generatif (kawin), yaitu individu baru (anak) merupakan hasil perkawinan antara induk jantan dan induk betina. Perkawinan atau pembuahan adalah proses peleburan antara sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina. (Referensi: BSE IPA Untuk SD/MI Kelas VI, Heri Sulistyanto, Edy Wiyono)
Place Your Ad Code Here

Materi Menarik Lainnya:

loading...



Tag : Reproduksi
Back To Top