Belajar Biologi | Belajar Sains

Proses Penyerapan Air dan Mineral Dari Tanah oleh Tumbuhan

Advertisement

Advertisement


loading...

Proses Penyerapan Air dan Mineral Dari Tanah oleh Tumbuhan - Pernahkah terbayangkan oleh anda, bagaimana mungkin tumbuhan mampu menyerap air dari dalam tanah untuk kemudian membawanya ke atas hingga ratusan meter melawan gaya gravitasi bumi? Bahkan, dengan teknologi tercanggih saat ini, untuk dapat memompa air sampai ketinggian ratusan meter tentunya memerlukan pompa air yang canggih. Itulah tumbuhan. makhluk ciptaan Allah yang mempunyai sejuta kelebihan. Tumbuhan mungkin makhluk tak berakal terbaik yang pernah diciptakan. Yang dibahas sekarang adalah bagaimana tumbuhan mampu menyerap air dan mineral dari dalam tanah hingga mencapai ketinggian ratusan meter? Wah, memang sulit dipercaya memang.


Proses Penyerapan Air dan Mineral Dari Tanah oleh Tumbuhan
(Sumber gambar: qurratayun.blogspot.com)

Tapi, bagaimana caranya tumbuhan dapat melakukannya? Mudah saja bagi Allah untuk melakukan hal itu. Akan tetapi, bagi manusia tentunya ini merupakan persoalan yang tidak sederhana penyelesaiannya. Sampai saat ini, ilmuwan belum dapat memastikan secara pasti teori mengenai masalah ini. Ilmuwan hanya mampu mengajukan beberapa teori yang masuk akal mengenai hal ini.

Salah satu teori yang paling terkenal adalah bahwa tumbuhan memanfaatkan perbedaan tekanan air di dalam dan di luar sel pengangkut (xilem). Jadi, tumbuhan harus terus menyesuaikan tekanan di dalam sel-sel xilemnya. Asal tahu saja, sel-sel xilem adalah sel mati. Xilem terdiri dari sel-sel pembuluh dan trakeid. Sel-sel itu seperti pori-pori yang saling terhubung yang memungkinkan air untuk melewatinya.

Dan bagaimana tumbuhan memanfaatkan perbedaan tekanan tersebut? Saat tekanan di luar sel tinggi, maka tumbuhan harus berusaha untuk mempertahankan tekanan di dalam selnya dengan tidak menguapkannya terlalu banyak, karena hal itu dapat menyebabkan air di luar sel masuk terlalu banyak dan yang nantinya dapat menyebabkan tumbuhan kelebihan air dan membusuk. Lalu, jika tekanan di luar sel rendah, maka tumbuhan harus menyesuaikan tekanan di dalam selnya untul lebih rendah agar air dari tumbuhan tidak keluar dari sel dan sebaliknya, air dari luar sel dapat masuk ke dalam sel. Dengan begitu, tumbuhan dapat mengambil air sebanyak-banyaknya.

Materi Menarik Lainnya:

loading...



Tag : Tumbuhan
Back To Top