Teori Tentang Konsep Hidup dan Kehidupan; Abiogenesis vs Biogenesis

loading...

Peta Konsep

Berdasarkan Garis waktu teori-teori asal usul kehidupan dapat dipaparkan sebagai tabel berikut:
Berdasarkan garis waktu:
1. Aristoteles : Teori Generatio Spontanea, yang berarti makhluk hidup terbentuk secara spontan
2. Anthony Van Loewenhoek: Mengamati hasil air rendaman jerami, dan seiring dengan waktu menjadi semakin keruh karena pertumbuhan organisme
3. Jhon Nedham: Mengamati kaldu yang berasal dari rebusan daging, dan berkesimpulan bahwa mikroorganisme yang tumbuh di kaldu berasal dari daging.
4. Francesco redi: menggunakan 3 bejana berisi daging. Satu bejana terbuka, satu ditutup kasa dan satu tertutup. Pada tabung 1 dan 2 ditemukan larva yang berasal dari lalat yang bertelur.
5. Lazzaro Splanani: menggunakan dua bejana berisi kaldu (satu tertutup satu terbuka) kemudian dipanaskan. Kekeruhan pada bejana terbuka berasal dari mikroorganisme yang berada di udara.
6. Louis Pasteur: Berhasil menumbangkan teori abiogenesis dengan percobaan bejana leher angsanya.
7. Oparin : Teori evolusi biologi. Makhluk hidup terbentuk dari hasil reaksi senyawa hidrokarbon di lautan, teori ini disebut juga teori sup purba.
8. Harold Urey: teori evolusi kimia yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari reaksi antara metana, amonia dan hidrogen.
9. Stanley Miller: Teori evolusi kimia yang hasil ujicobanye berhasil membentuk asam amino yang merupakan basis terkecil kehidupan. Berikut adalah reaksi kimia percobaan Stanley Miller.
Teori Stalney Miller


Teori Tentang Konsep Hidup dan Kehidupan Abiogenesis vs Biogenesis - Terkait dengan asal usul kehidupan mahkluk hidup penghuni bumi, banyak teori-teori yang berkembang yang diajukan oleh berbagai tokoh. Secara umum, trori asal usul kehidupan itu dibagi menjadi 2 macam, yaitu:

1. Teori Abiogenesis (Teori Generatio Spontanea)


Beberapa tokoh pencetus teori ini adalah:

a. Aristoteles


Teori Abiogenesis pertama kali diajukan oleh Aristoteles (394-322 SM) yang menyatakan bahwa:
Makhluk hidup itu berasal dari benda mati yang secara spontan dapat muncul akibat adanya gaya hidup.


b. Antonie van Leeweunhoek


Antonie van Leeweunhoek adalah seorang ahli biologis asal Belanda yang mendukung teori ini. Dengan menggunakan mikroskop, ia berhasil menemukan adanya jentik-jentik pada air hujan dan rendaman air jerami. Berdasarkan hal tersebut, Antonie van Leeweunhoek mengatakan bahwa jentik-jentik (makhluk hidup) berasal dari air (benda mati).

c John Needham (1713-1781)


Ahli Biologi asal Inggris ini mendapati bahwa pada air kaldu yang telah dipanas kan terlebih dahulu (bebas dari mikroorganisme) setelah beberapa lama dibiarkan,maka beberapa lama kemudian akan muncul lagi mikroorganisme yang baru.


2. Teori Biogenesis


Teori ini menyangkal teori abiogenesis. Teori Biogenesis menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup juga (Omne vivum ex vivo, omne ovum ex vivo).

Pendapat yang mendukung adalah sebagai berikut :

a. Lazzaro Spallanzani (1729 - 1799)
Spallanzani adalah seorang biologis dari Italia yang menentang eksperimen John Needham. Ia mengatakan bahwa kehidupan yang terlihat pada air kaldu disebabkan oleh pemanasan yang tidak cukup lama untuk dapat membunuh semua mikroorganisme.

b. Francesco Redi (1968)
Kesimpulan dari eksperimen Redi adalah larva (kehidupan) bukan berasal dari daging yang membusuk tetapi dari lalat yang masuk ke dalam tabung dan bertelur pada daging.

c. Louis Pasteur (1822-1895)
Louis Pasteur melakukan sebuah eksperimen dengan menggunakan labu leher angsa. Penutup labu yang berbentuk leher angsa ini bertujuan untuk membuktikan bahwa mikroorganisme terdapat di udara. Hasil yang diperoleh Pasteur adalah :

a. Mikroorganisme yang tumbuh bukan berasal dari benda mati (cairan) tetapi dari mikroorganisme yang terdapat di udara.
b. Mikroorganisme terdapat di udara bersama-sama dengan debu.

Teori Tentang Konsep Hidup dan Kehidupan
(Labu leher angsa Pasteur - anggainc.blogspot.com)

Hasil eksperimen ini akhirnya menggugurkan Teori Abiogenesis dan Pasteur menjadi sangat terkenal dengan perkataannya Omne vivum ex vivo, omne ovum ex vivo (artinya kehidupan berasal dari telur dan telur dihasilkan makhluk hidup atau dapat juga diartikan makhluk hidup berasal dari makhluk hidup juga).

c. Pohon Van Helmot


Pohon dapat tumbuh membesar bukan berasal dari tanah sebab tanah yang hilang tidak sesuai pertumbuhannya. Dapat disimpulkan bahwa kehidupan yang dimiliki tumbuh-tumbuhan (makhluk hidup) bukanlah berasal dari tanah (benda mati).

d. Teori Urey dan Teori Oparin


d.1. Teori Harold Urey (1893)

Urey berpendapat bahwa kehidupan terjadi pertama kali di atmosfer. Pada saat tertentu dalah sejarah perkembangan bumi, terbentuk atmosfer yang kaya akan CH4 (metana), NH3 (ammonia), H2 (hidrogen) dan H2O (air). Molekul-molekul ini dengan bantuan petir yang menimbulkan loncatan listrik dan sinar kosmik akan membentuk asam amino yang merupakan awal dari kehidupan.

d.2 Teori Oparin

Oparin sependapat dengan Urey bawah kehidupan pertama terjadi di cekungan pantai yang bahan-bahannya dari lautan.

Manusia belum dapat memberikan definisi dan batasan-batasan yang jelas tentang apa arti hidup sesungguhnya. Namun kita dapat mengamati perbedaan antara makhluk hidup dan benda mati. Perbedaan inilah yang kemudian menjadi ciri-ciri atau sifat-sifat makhluk hidup.

Sifat-sifat makhluk hidup :

a. Nutrisi
b. Transportasi
c. Respirasi
d. Ekskresi
e. Sintesis
f. Pertumbuhan dan Perkembangan
g. Regulasi
i. Iritabilitas
j. Reproduksi
k. Adaptasi
l. Interaksi
m. Memiliki bentuk dan ukuran tertentu
o. Memiliki unit fungsional terkecil yang disebut sel