Belajar Biologi | Belajar Sains

Cabang-Cabang Ilmu Biologi

Advertisement

Advertisement


loading...

PintarBiologi.com - Cabang-Cabang Ilmu Biologi - Untuk mempermudah mempelajarinya, maka Biologi dipilah-pilah menjadi cabang-cabang ilmu. Tiap cabang ilmu mengkhususkan bahasannya pada satu objek tertentu saja. Misalnya cabang Biologi yang didasarkan pada objek diantaranya Zoologi, Botani, Mikologi, Mikrobiologi, dan Virologi. Kemudian dari tiap objek itu, misalnya Zoologi terbagi lagi menjadi Vertebrata dan Invertebrata. Dan Vertebrata yang terbagi lagi menjadi 5 Filum (Pisces, Amphibia, Reptilia, Aves dan Mamalia) memunculkan cabang-cabang ilmu seperti Ichtyologi, Herpitologi, Ornitologi dan Mamalogi.

Dari tiap cabang ilmu ini muncul lagi cabang-cabang ilmu yang semakin spesifik. Misalnya dari Mamalogi kemudian muncul cabang-cabang ilmu yang mengkaji lebih jauh mengenai hewan mamalia dan manusia tersebut, seperti Sitologi, Anatomi, Fisiologi, Morfologi, Taksonomi, Genetika, Embriologi. Pemilahan ilmu ini terjadi pula pada cabang-cabang ilmu Biologi lainnya.

Adapun cabang Biologi yang didasarkan pada persoalannya antara lain Ekologi, Toksikologi, Taksonomi, Biologi Reproduksi, dan Teratologi. Dan cabang Biologi yang didasarkan pada tingkat organisasi kehidupan antara lain Sitologi, Histologi, Organologi, Biologi Populasi, Biologi Molekuler, dan Genetika Populasi. Pada cabang Biologi Terapan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia pun kini terbagi menjadi Kedokteran, Gizi dan Kesehatan/Higiene, Pertanian, Peternakan, Perikanan, serta Bioteknologi.

Kemudian dari ilmu Kedokteran sendiri muncul ilmu-ilmu spesifik antara lain spesialisasi saraf, mata, kandungan, gigi, THT, internis, dan anak. Demikian pula dengan cabang biologi terapan lainnya.

Bagaimana, apakah menurut Anda Biologi merupakan ilmu pengetahuan alam yang sulit untuk dipelajari? Ataukah terlalu luas sehingga terasa akan lama dan membosankan untuk dipelajari? Tentu tidak bukan? Semua cabang ilmu Biologi tersebut sangat perlu dipelajari, karena pengetahuan Biologi dapat membantu kita menyelesaikan segala persoalan sehari-hari, baik dalam lingkungan sekitar diri sendiri maupun hingga lingkup ekosistem yang lebih luas.

Selain itu Anda dapat menjadikan cabang-cabang Biologi ini sebagai sarana mengembangkan diri untuk masa depan, maksudnya Anda dapat memilih profesi dan berkarir pada salah satu cabang Biologi. Karena, setiap orang yang senang mempelajari Biologi akan semakin mengkhususkan dirinya bahkan berprofesi pada salah satu cabang ilmu Biologi yang paling disukainya.

Maksudnya begini, apabila Anda senang mempelajari tentang tubuh manusia, pada akhirnya akan mendorong Anda mengkhususkan diri dan berprofesi pada dunia Kedokteran, mulai dari Kedokteran Umum atau bahkan hingga ke Spesialis tertentu. Atau misalnya Anda senang mempelajari dunia tumbuhan, pada akhirnya akan mendorong Anda menjadi seorang ahli/biologiwan yang mampu menciptakan jenis tumbuhan atau bibit unggul baru dengan sifat unggul tertentu melalui bioteknologi/rekayasa genetika.

Memang ilmu pengetahuan seperti Biologi yang senantiasa berkembang dapat diibaratkan sebagai pohon yang semakin membesar, tumbuh cabang, anak cabang, ranting dan seterusnya hingga pohon tersebut semakin rimbun. Hal ini dikarenakan manusia memiliki rasa keingintahuan yang besar, selain itu pun karena ditunjang oleh kemajuan/perkembangan ilmu pengetahuan lainnya seperti kimia, fisika dan teknologi. Sekarang perhatikanlah gambar 20 berikut ini mengenai Cabang-cabang Ilmu Biologi berdasarkan objek kajiannya.
Cabang-cabang ilmu Biologi
 Gambar: Cabang-Cabang Ilmu Biologi

Selain berdasarkan objek kajian tersebut di atas, Biologi juga mengkaji hal-hal yang berhubungan dengan lingkungan, sehingga terdapat pula cabang-cabang Biologi antara lain:
• Ekologi
• Limnologi
• Toksikologi
• Higiene & Gizi

Biologi juga berperan sebagai Biologi Terapan pada berbagai cabang ilmu seperti:
• Pertanian
• Peternakan
• Perikanan
• Kehutanan
• Kedokteran
• Bioteknologi /Rekayasa Genetika

Advertisement


Perhatikanlah kajian dari cabang-cabang Biologi tersebut dan bidang kajiannya di uraian berikut ini:

1. EKOLOGI: Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan ligkungannya.
2. EVOLUSI: Sejarah perkembangan makhluk hidup dari tingkat rendah ke tingkat tinggi.
3 PALAEONTOLOGI: Fosil dan hubungannya dengan sejarah bumi.
4. ZOOLOGI: Dunia hewan
5. BOTANI: Dunia tumbuhan
6. MIKOLOGI: Jamur dan seluk beluknya
7. MIKROBIOLOGI: Mikroorganisme/jasad renik dan seluk beluknya
8. VIROLOGI: Virus dan seluk beluknya
9. SITOLOGI: Struktur dan fungsi sel tubuh mahluk hidup
10. HISTOLOGI: Struktur dan fungsi jarigan tubuh makhluk hidup
11. MORFOLOGI: Struktur luar tubuh makhluk hidup
12. ANATOMI: Letak dan struktur organ-organ tubuh makhluk hidup
13. FISIOLOGI: Faal/fisiologi kerja organ-organ tubuh makhluk hidup
14. TAKSONOMI: Pengelompokan/klasifikasi makhluk hidup
15. EMBRIOLOGI: Perkembangan embrio dari zigot sampai janin beserta faktor-faktor
yang mempengaruhinya
16. GENETIKA: Mekanisme dan hukum-hukum pewarisan sifat
17. ORNITOLOGI: Burung atau bangsa unggas dan seluk beluknya
18. MAMOLOGI: Hewan menyusui dan seluk beluknya
19. ENTOMOLOGI: Serangga dan seluk beluknya
20. HIGIENE: Kesehatan
21. PATOLOGI: Penyakit-penyakit yang menyerang makhluk hidup
22. BAKTERIOLOGI: Bakteri dan seluk beluknya
23. PARASITOLOGI: Parasit dan seluk beluknya

Sampai di sini apakah Anda sudah memahami seluruh uraian mengenai cabang-cabang
Biologi? Bagus, sekarang coba Anda jawab tiga pertanyaan berikut ini.

Usahakan tidak melihat lagi ke uraian yang telah diberikan di atas.
1. Cabang ilmu Biologi apa sajakah yang dapat dipilah dari Ilmu Botani?
2. Apabila Anda terjun ke dalam dunia kedokteran, cabang ilmu Biologi apa sajakah yang perlu Anda pelajari?
3. Apakah bidang kajian dari Ekologi, Genetika, Embriologi, Mikrobiologi dan Evolusi?

Bagaimana? Pasti Anda dapat menjawab ketiga pertanyaan tersebut bukan? Bagus! Sekarang coba Anda cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawabannya berikut ini.

1. Dari Ilmu Botani dapat dipilah-pilah menjadi cabang-cabang ilmu sebagai berikut:
Taksonomi Tumbuhan, Morfologi Tumbuhan, Anatomi Tumbuhan, Fisiologi Tumbuhan, Genetika, Ekologi Tumbuhan, dan Patologi Tumbuhan.

2. Cabang-cabang ilmu Biologi yang berkaitan dengan bidang Kedokteran antara lain sebagai berikut: Anatomi Manusia, Fisiologi Manusia, Biologi Reproduksi, Embriologi, Genetika, Endokrinologi, Patologi, Mikrobiologi, Virologi, Farmakologi, Radiobiologi, Gizi dan Higiene.

3. Bidang kajian dari Ekologi adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Bidang kajian dari Genetika adalah mekanisme dan hukum-hukum pewarisan sifat. Bidang kajian dari Embriologi adalah perkembangan embrio dari zigot hingga janin beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Bidang kajian dari Mikrobiologi adalah mikroorganisme atau jasad renik dan seluk beluknya. Dan bidang kajian dari Evolusi adalah sejarah perkembangan makhluk hidup dari tingkat rendah ke tingkat tinggi.

Sudah Anda cocokkan? Bagaimana hasilnya, apakah sesuai dengan kunci jawaban yang diberikan? Bagus! Berarti Anda sudah memahami uraian mengenai cabang-cabang Biologi.

Sumber: Makalah Ruang Lingkup Biologi, Dewi Chandra, S.Pd
Place Your Ad Code Here

Materi Menarik Lainnya:

loading...



Back To Top