Cara Menghemat Konsumsi BBM, Pakai Minyak Atsiri!

loading...
PintarBiologi.com - Sebagaimana dimaklumi, bahwa per 18 November 2014, pemerintah secara resmi menaikkan harga BBM. Adapun kenaikannya adalah sebesar Rp 2000 untuk jenis Premiun dan solar. Harga premiun menjadi Rp 8.500,- dari sebelumnya Rp 6.500,- dan harga solar naik menjadi Rp 7.500,- dari sebelumnya Rp 5.500,-.

Kenaikan BBM kali ini diterima secara beragam oleh masyarakat. Ada yang pro dan ada yang kontra. Pro karena mereka maklum, bahwa anggaran negara memang defisit, sehingga subsidi BBM harus dicabut dan dialihkan ke sektor lain yang lebih tepat. yang kontra juga tidak kalah, dengan naiknya BBM, maka pasti akan berimbas ke naiknya berbagai harga kebutuhan pokok. Dengan kenaikan ini, maka rakyat kecillah yang akan menjerit.

Terlepas dari pro dan kontra ini, maka bagi Anda pemilik kendaraan harus berfikir cerdas agar bisa mensiasati kenaikan harga BBM ini agar tidak begitu membebani. Berbagai upaya dilakukan, seperti memodifikasi mesin kendaraan agar irit konsumsi BBM nya.

Nah, kabar gembiranya, kini Anda tidak perlu lagi sibuk memodifikasi mesin kendaraan untuk bisa menghemat onsumsi BBM. Ternyata minyak atsiri bisa membuat konsumsi BBM kendaraan Anda hemat 30%. Apa sih minyak atsiri dan bagaimana ceritanya ia bisa menghemat konsumsi BBM kendaraan?

Minyak atsiri yang sudah dikemas dalam botol


Apa itu Minyak Atsiri?


Minyak atsiri, atau dikenal juga sebagai minyak eterik (aetheric oil), minyak esensial (essential oil), minyak terbang (volatile oil), serta minyak aromatik (aromatic oil), adalah kelompok besar minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruang namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas. Minyak atsiri merupakan bahan dasar dari wangi-wangian atau minyak gosok (untuk pengobatan) alami. Di dalam perdagangan, hasil sulingan (destilasi) minyak atsiri dikenal sebagai bibit minyak wangi.
Advertisement

Para ahli biologi menganggap minyak atsiri sebagai metabolit sekunder yang biasanya berperan sebagai alat pertahanan diri agar tidak dimakan oleh hewan (hama) ataupun sebagai agensia untuk bersaing dengan tumbuhan lain (lihat alelopati) dalam mempertahankan ruang hidup. Walaupun hewan kadang-kadang juga mengeluarkan bau-bauan (seperti kesturi dari beberapa musang atau cairan yang berbau menyengat dari beberapa kepik), zat-zat itu tidak digolongkan sebagai minyak atsiri. (Wikipedia).

Mengapa bisa Menghemat BBM?


"Bahan ini kan (atsiri), bahan panas, jadi dia mengikat bahan bakar sehingga bahan bakar itu mudah untuk menguap. Jadi ikatan antar partikel bahan bakar itu menjadi lemah sehingga prosesnya mudah diuapkan, tidak menaikkan oktan, tapi hanya menyempurnakan pembakaran. Bisa dibuktikan, menurunkan kadar gas buang itu bisa sekitar 30 persen," ujar salah satu peneliti Drs Suwandi M.Si sebagaimana dilansir Antara (21/11).

Pheromones adalah hormon pemikat wanita paling berkuasa di dunia. Ada lelaki yang boleh menghasilkan pheromones secara banyak, manakala ada sebahagian lelaki mengeluarkan pheromones terlalu sedikit dan mungkin tiada langsung. Pakai Original minyak wangi Phero X murah seperti minyak wangi biasa, dititis pada nadi lengan, leher dan pada baju. Perempuan akan secara tidak sedar mengesan pheromones dan mereka akan tiba-tiba tertarikpada anda.

Menurut Suwandi, penelitian tersebut didasarkan pada penelitian yang dimulai sejak 15 tahun lalu dan minyak atsiri memang bisa dicampurkan di bahan bakar berjenis Premium, Pertamax atau juga solar. Dalam minyak atsiri tersebut terdapat kandungan 40 persen sereh yang diklaim mampu menghemat BBM pada kondisi tertentu hingga 50 persen.

Suwandi juga mengatakan bahwa penggunaan fuel saver formula berbahan dasar minyak atsiri ini tidak merusak mesin walaupun digunakan dalam jangka waktu yang lama dan justru akan membuat mesin bekerja lebih ringan dan responsif.

Selain itu, berdasarkan hasil uji Lemigas yaitu uji bilah tembaga, formula minyak atsiri tidak bersifat korosif.