Belajar Biologi | Belajar Sains

Komponen Kimiawi Sel

Advertisement

Advertisement


loading...

PintarBiologi.com - Komponen Kimiawi Sel - Protoplasma adalah sejenis substansi kompleks seperti agar-agar yang tidak habis digunakan saat aktifi tas kimiawi dalam menjaga kelangsungan hidup sel. Substansi kompleks sel tersebut merupakan campuran beberapa senyawa yang memiliki perbandingan sama. Sebagian besar komposisi protoplasma adalah air, yakni sekitar 70% sampai 90%. Di dalamnya terdapat garam mineral dan senyawa organik/senyawa karbon seperti karbohidrat, lemak, dan protein.

Komposisi protoplasma dalam setiap sel makhluk hidup berbeda. Sebab, protoplasma tersusun atas berbagai campuran zat. Oleh karena itu, kemungkinan protoplasma yang menyusun sel penyusun organ tubuh tertentu berbeda dengan sel penyusun organ tubuh yang lain. Sebagai contoh, protoplasma yang menyusun sel otot berbeda dengan protoplasma penyusun sel otak.

Bagian-bagian sel
 
Gambar: Bagian-bagian sel (foto: beeyoupoenya.blogspot.com)

Berdasarkan asal bahannya, protoplasma memiliki dua bentuk, yakni bagian cair dan semi cair seperti gel. Kedua bentuk protoplasma ini amat bergantung pada bahan fi siologis sel.

Baca juga:
- Perbedaan Struktur Sel Tumbuhan dan Hewan
- Mengenal Bagian Sel dan Fungsinya
- Teori Tentang Sel

Sekalipun para ilmuwan mengetahui berbagai jenis senyawa dalam protoplasma, namun tidak satupun yang mampu membuat sebuah campuran sehingga bisa disebut protoplasma. Kendalanya adalah sifat pasti dari protoplasma masih belum diketahui. Selain itu, para ilmuwan belum mampu menghasilkan kondisi lingkungan yang hidup dapat mulai. Ini membuktikan kuasa dari Tuhan Yang Maha Esa. Protoplasma sebuah sel tersusun atas tiga bagian, antara lain membran sel, sitoplasma, dan organel sel (termasuk nukleus).

(BSE Biologi SMA/MA Kelas XI, Siti Nur Rochah, dkk, Pusat Perbukuan Depdiknas, Tahun 2009)
Place Your Ad Code Here

Materi Menarik Lainnya:

loading...



Tag : Biologi SMA, Sel
Back To Top