Belajar Biologi | Belajar Sains

Praktikum Biologi: Komunitas

Advertisement

Advertisement


loading...

Praktikum Biologi: Komunitas

KOMUNITAS

Tujuan:
1. Mengamati populasi yang menyusun suatu komunitas, bentuk-bentuk interaksi dan dinamikanya.
2. Mengklasifikasikan jenis-jenis populasi berdasarkan aturan klasifikasi menurut Whittaker.

Alat dan Bahan:
1. Komunitas yang ada di sekitar tempat tinggal Anda
2. Tabel 1. Klasifikasi mahluk hidup menurut Robert H. B. Whittaker.
3. Tabel Pengamatan Praktikum Biologi: Komunitas

Cara Kerja:
1. Sebagai objek pengamatan, pilih dan tentukan satu macam komunitas yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. seperti: komunitas halaman rumah, komunitas sepetak kebun, komunitas sepetak sawah, ataukah komunitas sebuah kolam ikan.
2. Amati setiap jenis populasi baik hewan maupun tumbuhan yang hidup di dalam komunitas tersebut. Untuk mengisi kolom ‘Jenis Populasi’ tuliskan nama hewan atau tumbuhannya (boleh nama Indonesianya atau nama latinnya jika Anda tahu).
3. Catat jumlah individu setiap jenis populasi pada tabel pengamatan yang telah disediakan. Jika jumlah individu tak dapat dihitung (karena ukuran tubuhnya terlalu kecil), tuliskan saja banyak atau sedikit. Anda boleh menambah baris ke bawah pada tabel pengamatan jika dibutuhkan, apabila jenis populasinya lebih banyak.
4. Berdasarkan klasifikasi mahluk hidup menurut Robert H.B. Whittaker, tentukanlah setiap jenis populasi yang Anda temukan tersebut, apakah jenis populasi tersebut termasuk kingdom Animalia, Plantae, Fungi, Monera, ataukah Protista. Caranya dengan menuliskan nama kingdomnya pada tabel pengamatan di kolom ‘Kingdom’.[Misalnya: jenis populasi ayam, termasuk Kingdom Animalia.]
5. Jawab pertanyaan yang diberikan, kemudian buatlah Kesimpulan dan Laporan hasil kerja ilmiah Anda. Serahkanlah Laporan kerja ilmiah Anda tersebut kepada Guru Bina Biologi pada saat akan mengikuti Tes Akhir modul. Selamat Bekerja!

Advertisement


Tabel Pengamatan

tabel pengamanatn prktikum komunitas


PERTANYAAN:
1. Apakah yang dimaksud dengan: (a). Individu, (b). Populasi, dan (c). Komunitas?
2. Dalam Kerja Ilmiah ini, komunitas apakah yang Anda pilih?
3. Dari kelompok Animalia, berapakah jumlah jenis populasi yang ada dalam komunitas tersebut? Sebutkanlah jenis-jenis populasinya.
4. Dari kelompok Plantae, berapakah jumlah jenis populasi yang ada dalam komunitas tersebut? Sebutkan pula jenis-jenis populasinya.
5. Dari kelompok Fungi, berapakah jumlah jenis populasi yang ada dalam komunitas tersebut?
6. Dalam komunitas tersebut, apakah terjadi suatu interaksi /simbiosis di antara populasinya? Jika Ya, jenis-jenis populasi apa sajakah yang saling berinteraksi tersebut? Dan apa bentuk simbiosisnya (parasitisme, komensalisme, mutualisme ataukah predasi)?
7. Selama Anda mengamati komunitas tersebut, apakah telah terjadi Dinamika Populasi yang merubah jumlah populasi? Jika Ya, pada populasi jenis apakah dinamika populasi itu terjadi? Dan faktor apakah yang mempengaruhinya (kelahiran, kematian ataukah perpindahan ke dalam /ke luar area).

Sumber: Modul Ruang Lingkup Biologi, Dewi Chandra, S.Pd.
Place Your Ad Code Here

Materi Menarik Lainnya:

loading...



Back To Top