Cara Kerja Enzim Pada Proses Metabolisme Tubuh

loading...

Cara Kerja Enzim Pada Proses Metabolisme Tubuh

 
Enzim mengkatalis reaksi dengan meningkatkan kecepatan reaksi. Meningkatkan kecepatan reaksi dilakukan dengan menurunkan energi aktivasi (energi yang diperlukan untuk reaksi). Penurunan energi aktivasi dilakukan dengan membentuk kompleks dan substrat. Secara sederhana, kerja enzim digambarkan sebagai berikut.


Setelah produk dihasilkan dari suatu reaksi, enzim kemudian dilepaskan. Enzim bebas untuk membentuk kompleks yang baru dengan substrat yang lain.

Kerja enzim dapat diterangkan dengan dua teori, yaitu teori gembok dan kunci serta teori kecocokan yang terinduksi.

a. Teori Gembok dan Anak Kunci (Lock and Key Theory)


Enzim dan substrat bergabung bersama membentuk kompleks, seperti kunci yang masuk dalam gembok. Di dalam kompleks, substrat dapat bereaksi dengan energi aktivasi yang rendah. Setelah bereaksi, kompleks lepas dan melepaskan produk serta membebaskan enzim.


Teori Gembok dan Anak Kunci (Lock and Key Theory)




video

                                                     Animasi Cara Kerja Enzim


B. Teori Kecocokan yang Terinduksi (Induced Fit Theory)


Menurut teori kecocokan yang terinduksi, sisi aktif enzim merupakan bentuk yang fleksibel sehingga dapat berubah bentuk menyesuaikan bentuk substrat. Ketika substrat memasuki sisi aktif enzim, bentuk sisi aktif termodifikasi melingkupinya membentuk kompleks. Ketika produk sudah terlepas dari kompleks, enzim kembali tidak aktif menjadi bentuk yang lepas. Sehingga, substrat yang lain kembali bereaksi dengan enzim tersebut.



Baca Juga :
Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Kerja Enzim

Sumber:
Detik-Detik Ujian Nasional Biologi Tahun Pelajaran 2012/2013, Penerbit: PT. Intan Pariwara