Belajar Biologi | Belajar Sains

Klorofil dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Manusia

Advertisement

Advertisement


loading...

Penjelasan Tentang Klorofil

Klorofil berasal dari bahasa Yunani "chloros" yang berarti hijau dan "phyllum" yang berarti daun. Klorofil merupakan pigmen tanaman berwarna hijau. Klorofil terdapat pada kloroplas di dalam sel daun tanaman dan bagian lain yang berwarna hijau. Kloro-fil tanaman ada lima macam, yaitu klorofil a, klorofil b, klorofil c, klorofil d, dan klorofil e. Klorofil a dan b terdapat pada tanaman tingkat tinggi, ferns, dan mosses, sedangkan klorofil c, d, dan e terdapat pada ganggang. Klorofil a berwarna hijau tua dan klorofil b berwarna hijau muda. Klorofil c, d, dan e berwarna merah dan biru. Klorofil-klorofil tersebut semuanya berbasis struktur sama, namun berbeda dalam hal susunan rantai alifatiknya. Klorofil a dengan rumus empiris Cs5H7205N4Mg dan klorofil b dengan rumus empiris Cs5H706N4Mg, berada pada jaringan tanaman dengan perbandingan 3:1. Klorofil a dan b ini memegang peran penting dalam proses fotosintesis. Struktur bangun klorofil a dan klorofil b sebagai berikut.

Gambar: Struktur bangun klorofil A dan klorofil B
Struktur bangun kedua klorofil tersebut mirip dengan heme pada darah merah. Struktur bangun heme darah merah adalah sebagai berikut:
Struktur bangun heme (feroprotoporfirin)


Klorofil memiliki sifat penting yang berkaitan dengan pemanfaatannya sebagai bahan pangan serta sarana peng-obatan, antara Iain sebagai berikut.

  1. Klorofil merupakan senyawa yang tidak stabil, molekulnya gampang berubah sehingga pigmen berwarna hijau tersebut gampang berubah. 
  2. Klorofil dapat bergabung dengan klorofil dari sumber tanaman hijau yang lain. Oleh karena itu, klorofil pada bahan pangan dapat diperkaya dengan penambahan klorofil dari tanaman lain sehingga warnanya menjadi hijau tua. 
  3. Klorofil tidak larut dalam air, tetapi dapat larut dalam etanol, metanol, eter, aseton, bensol, dan kloroform.
  4. Klorofil berada pada larutan yang bersifat asam, molekul magnesiumnya tersubstitusi oleh hidrogen, dan warnanya berubah menjadi hijau kecokelatan atau cokelat. 
  5. Klorofil berikatan dengan protein pada daun yang ber-wama hijau. Pada proses pemanasan, protein terde-naturasi dan klorofil dilepaskan sehingga warna daun berubah menjadi cokelat muda. 
  6. Klorofil merupakan jaringan yang tersusun dari atom karbon, hidrogen, nitrogen), dan oksigen yang menge-lilingi atom Mg (magnesium) (Dr. Richard Willstater, 1915). 
  7. Struktur kimia klorofil (pigmen berwarna hijau) pada sel tumbuhan mirip dengan struktur kimia hemoglobin darah (pigmen berwarna merah) pada sel darah. Per-bedaan pokok antara heme (pigmen mioglobin) pada molekul protein dalam hemoglobin dengan klorofil dalam kloroplas yaitu pada titik pusat masing-masing pigmen. Titik pusat heme hemoglobin adalah atom Fe (besi), sedangkan pada klorofil atom Mg (magnesium) (Dr. Hans Fisher, 1930). 
  8. Perbedaan kinerja antara klorofil dengan hemoglobin yaitu bahwa klorofil mengambil gas CO2 dan melepas-kan gas 02, sedangkan hemoglobin mengambil gas 02 dan melepaskan gas CO2. 
  9. Kemanfaatan mmeral Mg pada klorofil yaitu sebagai pengendor saraf dan sebagai katalisator pada protein, karbohidrat, lemak, serta mineral Ca dan P. 
  10. Klorofil menjadi nutrisi vital bagi tubuh dan meru-pakan molekul yang dapat diterima oleh tubuh secara alamiah. Klorofil berperan sebagai desinfektan dan antibiotik, berperan menghilangkan senyawa beracun dalam tubuh, melindungi tubuh dari senyawa karsino-gen, dan sebagai alternatif pengganti transfusi darah melalui konsumsi oral. 
  11. Klorofil dapat membantu meningkatkan jumlah sel da-rah merah, mengatasi anemia, membersihkan jaringan tubuh, membersihkan hati dan membantu fungsi hati, meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat sel, dan melindungi DNA dari kerusakan.
Manfaat Klorofil Daun Untuk Kesehatan

Pemanfaatan klorofil untuk pengobatan telah banyak diteliti di luar negeri. Penelitian pengobatan pasien dengan menggunakan klorofil antara lain sebagai berikut.

  1. Di Universitas Temple Amerika pernah dicoba peng-gunaan salep klorofil dan klorofil dalam bentuk lain untuk pengobatan usus buntu, perut panas, radang, pembersih luka operasi dan luka infeksi, dan lain-lain. 
  2. Di Loyola College of Dentistry pernah dicoba penggunaan klorofil untuk pengobatan perdarahan gusi dan luka di mulut. 
  3. Telah dicoba Metode Photodynamic Therapy (PDT) ter-hadap kanker, dengan memanfaatkan peran klorofil khususnya bakterioklorofil a dan turunannya sebagai photosensitizer (Brazillian fournal of Medical and Biological Research 2002, cit Tatas H.P. dan Leenawaty Limantara). Metode tersebut diakui sebagai metode mutakhir, aman, dan rarnah bagi tubuh pasien karena senyawa tersebut, ketika diekpos dengan cahaya tampak pada gelombang tertentu, terbukti mampu membunuh sel kanker. 
  4. Di Malaysia, pakar kimia telah memproduksi Bio Ac-tivated Energy Liquid Chlorophyll (BAE Chlorophyll) dari tanaman alfalfa, yang dapat digunakan untuk menga-tasi 30 macam penyakit, antara lain kanker, jantung, kolesterol, asam urat, rematik, dan diabetes. 
  5. Kini, klorofil sebagai sarana pengobatan telah di-produksi dalam bentuk cair, atau dikemas dalam ben-tuk bubuk dan tablet. Di pasaran telah dijual antara lain tablet alfalfa dan tablet chlorella. 
  6. Klorofil kini telah dikembangkan sebagai biopestisida dan bioinsektisida alami dengan metode phototoxin. Selain itu, klorofil dapat digunakan sebagai pewarna alami untuk kain, batik, makanan, serta minuman.

Di dalam negeri, pemanfaatan klorofil secara tidak lang-sung telah biasa dilakukan oleh masyarakat, yakni ketika mengonsumsi sayuran berwarna hijau. Pemanfaatan kloro-fil secara tidak langsung tersebut lebih tertuju sebagai kom-ponen makanan empat sehat lima sempurna. Pemanfaatan klorofil dibuktikan oleh kelompok vegetarian. Seiring dengan kemajuan ilmu medis, pemanfaatan klorofil untuk tujuan mendukung pengobatan telah lama dilakukan. Beberapa macam food supplement telah dipasar-kan di Indonesia, antara lain dengan nama dagang Liquid Chlorophyl dan Chlorophyl Plus Guarana.

loading...

Materi Menarik Lainnya:

loading...



Back To Top