Belajar Biologi | Belajar Sains

Video Animasi Pengenalan Sistem Reproduksi Wanita

Advertisement

Advertisement


loading...

Animasi pengenalan sistem reproduksi wanita yang menerangkan secara audio visual mengenai alat reproduksi wanita dan proses-proses didalamnya seperti:

- Proses pembentukan sel telur
- Proses menstruasi
- Siklus reproduksi wanita
- Proses pembuahan
- proses kehamilan dan persalinan

Video ini disarikan dari VCD Animasi 3D Alat Reproduksi Wanita oleh BKKBN.


Sistem reproduksi Wanita
Beberapa organ atau alat kelamin wanita adalah:
1. Uterus atau Rahim
2. Tuba Fallopi
3. Ovarium atau Indung Telur
4. Vagina atau mulut rahim

Di dalam ovarium atau indung telur sebelah kiri, terdfapat sel telur yang sedang berkembang. Semenjak dilahirkan, sebelum sel telur yang dimiliki wanita, disimpan dalam keadaan tidak berkembang.

Sebulan sekali, perintah hormonal dari otak memerintahkan ovarium untuk memproduksi Folikel, dimana folikel yang dominan akan melepaskan sel telur dewasa untuk pembuahan. Fokilel adalah kumpulan sel yang mengelilingi telur dan menyuburkannya.

Pada masa ini, selaput rongga rahim menebal untuk persiapan pertumbuhan sel telur yang telah dibuahi untuk menjadi janin atau jabang bayi.

Selain itu, ovarium menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. Bila kadar estrogen mencapai puncaknya, maka hormon ini akan memberikan umpan balik ke kelenjar di otak untuk melepaskan atau menyetop LH (Luteinizing Hormone). Untuk menyiapkan telur untuk pembuahan, FSH (Follicle Stimulating Hormon) mulai membagi materi genetiknya. Ini sebagai tanda dimulainya siklus reproduksi.

Folikelkemudian melepaskan hormon estrogen yang membuat lapisan uterus dapat menerima sel telur yang telah dibuahi. Dalam perjalanannya menuju uterus, ada 2 hal yang dapat terjadi pada telur, dibuahi oleh sperma atau tidak. Jika dibuahi, biasanya terjadi di tuba fallopi. Dari situ telur menuju uterus dan tertenam dalam dinding lapisan uterus untuk menyuburkan dirinya.

Jika tidak dibuahi lebih dari 24 jam dari waktu setelah keluar dari ovarium, ia berhenti berkembang dan hancur sebelum mencapai uterus. Sebagai gantinya, uterus mengeluarkan lapisannya dalam bentuk menstruasi selama 4 - 5 hari.

Selengkapnya, silakan simak video berikut ini:

loading...

Materi Menarik Lainnya:

loading...



Tag : Reproduksi
Back To Top