Belajar Biologi | Belajar Sains

Cara Mudah Membuat Sendiri Yoghurt Secara Sederhana

Advertisement

Advertisement


loading...

Cara Mudah Membuat Sendiri Yoghurt Secara Sederhana - Produk hasil fermentasi susu telah berkembang dan sebagaimana diketahui banyak variasi dari produk tersebut. Sebagai contoh yoghurt mempunyai berbagai variasi misalnya diberi aroma, diberi buah-buahan, dikeringkan, dibekukan dan sebagainya.

Yoghurt adalah salah satu produk hasil olahan susu dengan menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Yoghurt mempunyai nilai gizi yang tinggi sesuai dengan bahan bakunya yaitu susu. Nilai gizinya terutama terletak pada protein, lemak dan semua zat-zat di dalam susu seperti asam laktat, vitaminvitamin, garam-garam yang semuanya mudah diserap oleh tubuh setelah menjadi yoghurt.

Yoghurt mempunyai kemampuan stimulasi yang efektif terhadap fungsi lambung dan usus kecil. Dengan hadirnya L. bulgaricus dalam alat pencernaan maka zat-zat yang mengandung racun akan berkurang berkat keefektifan L. bulgaricus.

A. Bertholt menemukan khasiat bakteri Lactobacillus bulgaricus dalam menghambat pertumbuhan kuman meninggococcus bahkan sekaligus memusnahkannya. G. Herschell mengemukakan suatu teori terapi yang efektif di mana yoghurt baik sekali bagi orang yang susah buang air besar dan dapat mengobati penyakit dalam usus kecil. Yoghurt lebih mudah diterima konsumen karena biasanya digunakan sebagai makanan bagi orang-orang yang ingin melangsingkan tubuh.

Yoghurt lebih populer di kalangan kaum urban dibandingkan di daerah pedesaan terutama disukai oleh orang-orang yang berpenghasilkan cukup.  Biasanya kaum muda menyukai yoghurt yang diberi cita rasa tetapi kaum tua justru menyukai yoghurt tanpa penambahan flavor.

Yoghurt dengan cita rasa buah
Yoghurt dengan cita rasa buah


Dalam kehidupan sehari-hari yoghurt dikonsumsi pada waktu senggang, setelah makan pada acara pesta maupun sebagai konsumsi bagi orang dengan diet tertentu.

Nah, mungkin Anda juga ingin tahu bagaimana caranya membuat Yoghurt sendiri agar bisa menikmati makanan ini kapan saja dan dimana saja saat kita menginginkannya? Berikut ini langkah-langkah mudah membuat sendiri yoghurt secara sederhana:

Cara Mudah Membuat Sendiri Yoghurt Secara Sederhana

Cairkan susu bubuk atau susu skim sesuai anjuran pada kemasan dalam panci stainless steel. Panaskan dengan api sedang hingga 50°–60°C selama 1–2 menit, sampai susu beruap tetapi jangan sampai mendidih. Bila ingin yoghurt dengan tekstur lebih padat, maka pada saat pemanasan volume susu disisakan hingga 4 3 -nya atau dapat melarutkan susu 3–4% lebih banyak dari anjuran pada kemasan.

Aduk dengan sendok kayu. Setelah itu, angkat dan tutup rapat, tunggu hingga suam-suam kuku (30°–45°C). Campurkan bibit yoghurt yang mengandung bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus, kira-kira 1 sendok teh untuk setiap 500 ml susu. Aduk hingga rata.

Tuang susu ke dalam gelas-gelas plastik, tutup dengan plastik lengket atau lembaran plastik yang diberi karet. Diamkan sekitar 8 jam pada suhu kamar, kemudian simpan dalam lemari es sampai  dikonsumsi.

Catatan:

• Bibit yoghurt dapat dibeli di laboratorium mikrobiologi dan sebaiknya disimpan dalam lemari es.
• Pada saat merebus sampai mencampur bibit yoghurt pada susu, sebaiknya jangan berbicara atau tertawa agar bakteri mulut tidak mencemari susu dan fermentasi tidak gagal.

Cara untuk memastikan fermentasi yoghurt tidak gagal, yaitu setelah disimpan 4–5 jam susu telah membentuk gumpalan-gumpalan dan aromanya masam.

Demikian Cara Mudah Membuat Sendiri Yoghurt Secara Sederhana. Silakan mempraktekkannya sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.
loading...

Materi Menarik Lainnya:

loading...



Back To Top