Belajar Biologi | Belajar Sains

Bakteri Gram Positif dan Negatif: Perbedaan, Macam, Ciri dan Contohnya

Advertisement

Advertisement


loading...

Bakteri Gram Positif dan Negatif: Perbedaan, Macam, Ciri dan Contohnya

Definisi


Bakteri adalah salah satu golongan organisme prokariotik (tidak memiliki selubung inti). Bakteri sebagai makhluk hidup tentu memiliki informasi genetik berupa DNA, tapi tidak terlokalisasi dalam tempat khusus ( nukleus ) dan tidak ada membran inti. Bentuk DNA bakteri adalah sirkuler, panjang dan biasa disebut nukleoi. Pada DNA bakteri tidak mempunyai intron dan hanya tersusun atas akson saja. Bakteri juga memiliki DNA ekstrakromosomal yang tergabung menjadi plasmid yang berbentuk kecil dan sirkuler (Jawetz, 2004) .

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bakteri adalah:

  1. Sumber energi, yang diperlukan untuk reaksi – reaksi sintesis yang  membutuhkan energi dalam pertumbuhan dan restorasi, pemeliharaan  keseimbangan cairan, gerak dan sebagainya.
  2. Sumber karbon
  3. Sumber nitrogen, sebagian besar untuk sintesis protein dan asam-asam  nukleat.
  4. Sumber garam-garam anorganik, khususnya folat dan sulfat sebagai anion;  dan potasium, sodium magnesium, kalsium, besi, mangan sebagai kation.
  5. Bakteri-bakteri tertentu membutuhkan faktor-faktor tumbuh tambahan,  disebut juga vitamin bakteri, dalam jumlah sedikit untuk sintesis metabolik esensial (Koes Irianto, 2006).

Klasifikasi Bakteri


Untuk memahami beberapa kelompok organisme, diperlukan klasifikasi. Tes biokimia, pewarnaan gram, merupakan kriteria yang efektif untuk klasifikasi. Hasil pewarnaan mencerminkan perbedaan dasar dan kompleks pada sel bakteri (struktur dinding sel), sehingga dapat membagi bakteri menjadi 2 kelompok, yaitu bakteri Gram-positif dan bakteri Gram-negatif.

1. Bakteri Gram-negatif


- Bakteri Gram Negatif Berbentuk Batang (Enterobacteriacea).
Bakteri gram negatif berbentuk batang habitatnya adalah usus manusia dan binatang. Enterobacteriaceae meliputi Escherichia, Shigella, Salmonella, Enterobacter, Klebsiella, Serratia, Proteus). Beberapa organisme seperti Escherichia coli merupakan flora normal dan dapat menyebabkan penyakit, sedangkan yang lain seperti salmonella dan shigella merupakan patogen yang umum bagi manusia.

- Pseudomonas, Acinobacter dan Bakteri Gram Negatif Lain.
Pseudomonas aeruginosa bersifat invasif dan toksigenik, mengakibatkan infeksi pada pasien dengan penurunan daya tahan tubuh dan merupakan patogen nosokomial yang penting .

- Vibrio Campylobacter, Helicobacter, dan Bakteri lain yang berhubungan.
Mikroorganisme ini merupakan spesies berbentuk batang Gram-negatif yang tersebar luas di alam. Vibrio ditemukan didaerah perairan dan permukaan air. Aeromonas banyak ditemukan di air segar dan
terkadang pada hewan berdarah dingin.

- Haemophilus , Bordetella, dan Brucella
Gram negatif Hemophilis influenza tipe b merupakan patogen bagi manusia yang penting.

- Yersinia, Franscisella dan Pasteurella.
Berbentuk batang pendek Gram-negatif yang pleomorfik. Organisme ini bersifat katalase positif, oksidase positif, dan merupakan bakteri anaerob fakultatif (Jawetz,2004).

2. Bakteri Gram-positif


- Bakteri gram positif pembentuk spora : Spesies Bacillus dan Clostridium.
Kedua spesies ini terdapat dimana-mana, membentuk spora, sehingga dapat hidup di lingkungan selama bertahun-tahun. Spesies Basillus bersifat aerob, sedangkan Clostridium bersifat anaerob obligat.

- Bakteri Gram-positif Tidak Membentuk Spora: Spesies Corynebacterium, Listeria, Propionibacterium, Actinomycetes.
Beberapa anggota genus Corynebacterium dan kelompok Propionibacterium merupakan flora normal pada kulit dan selaput lender manusia .

- Staphylococcus
Berbentuk bulat, biasanya tersusun bergerombol yang tidak teratur seperti anggur. Beberapa spesies merupakan anggota flora normal pada kulit dan selaput lendir, yang lain menyebabkan supurasi dan bahkan
septikemia fatal. Staphylococcus yang patogen sering menghemolisis darah, mengkoagulasi plasma dan menghasilkan berbagai enzim ekstraseluler. Tipe Staphylococcus yang berkaitan dengan medis adalah Staphylococcus aureus, Staphylococcus epidermidis dan Staphylococcus saprophyticus.

- Streptococcus
Merupakan bakteri gram-positif berbentuk bulat yang mempunyai pasangan atau rantai pada pertumbuhannya. Beberapa streptococcus merupakan flora normal manusia tetapi lainnya bisa bersifat patogen pada manusia. Ada 20 spesies diantaranya ; Streptococcus pyogenes, Streptococcus agalactiae, dan jenis Enterococcus (Jawetz,2004).

Struktur dinding sel bakteri gram positif

Struktur dinding sel bakteri gram positif
Struktur dinding sel bakteri gram positif

Struktur dinding sel bakteri gram negatif

Struktur dinding sel bakteri gram negatif
Struktur dinding sel bakteri gram negatif


Tabel Perbandingan Tipe Karakteristik Komponen sel Bakteri Gram positif  dan Gram negatif


Tabel Perbandingan Tipe Karakteristik Komponen sel Bakteri Gram positif  dan Gram negatif

Tabel Perbandingan Tipe Karakteristik Komponen sel Bakteri Gram positif  dan Gram negatif


Place Your Ad Code Here

Materi Menarik Lainnya:

loading...



Back To Top