Contoh Format Pembuatan Laporan Praktikum Biologi

loading...
Contoh Format Pembuatan Laporan Praktikum Biologi - Pembuatan laporan praktikum biologi bertujuan selain melaporkan pelaksanaan dan hasil percobaan, juga untuk melatih mahasiswa membiasakan diri membuat laporan ilmiah tertulis yang baik dan benar, sehingga dapat diharapkan pada waktu membuat laporan praktikum dalam mata pelajaran di semester lanjut dan pada waktu membuat karya ilmiah tingkat akhir mahasiswa tidak terlalu mengalami kesukaran.

 

Pendahuluan


Pendahuluan berisi latar belakang percobaan yang dilakukan dan tujuan yang hendak dicapai. Bagaimana sifat percobaan tersebut, apakah dilakukan dilaboratorium atau dilapangan. Apakah data diperoleh dari pengamatan sendiri (data primer) atau data hasil pengamatan orang lain (data sekunder). Pada beberapa percobaan juga diminta mengemukakan suatu hipotesis.

Pada umumnya isi pendahuluan untuk setiap percobaan sudah terdapat dalam buku Pedoman Praktikum Biologi, hanya tinggal mengubah kalimatnya, sehingga bukan lagi kalimat-kalimat perintah. Untuk percobaan yang tidak ada pendahuluannya dalam pedoman, mahasiswa bisa mendiskusikan dengan mahasiswa lain dalam kelompoknya dan dengan asistennya, atau mencari dalam buku-buku yang berhubungan dengan percobaan tersebut di perpustakaan atau internet.

 

Bahan dan Metode


Yang dimaksud dengan bahan adalah semua bahan dan alat yang dipergunakan dalam percobaan, oleh karena itu tulis semua alat dan bahan tersebut secara terperinci jangan sampai ada yang terlupakan. Sedangkan yang dimaksud dengan metode adalah cara kerja atau prosedur kerja atau prosedur percobaan yang dilakukan.

Pada umumnya bahan dan metode setiap percobaan sudah termuat dalam pedoman dan bisa dicocokkan pada waktu percobaan dilakukan, yang perlu dicatat dalam bab ini adalah bahasa yang digunakan jangan menggunakan kalimat seperti dalam pedoman ini yaitu kalimat perintah, tetapi menggunakan kalimat aktif atau positif. Karena pembuatan laporan tentunya tidak hendak menyuruh pembacanya melakukan apa yang ia lakukan dalam percobaan tersebut, tetapi memberi tahu bagaimana itu dilakukan
Petunjuk Pembuatan Laporan praktikum Biologi
Petunjuk Pembuatan Laporan praktikum Biologi (foto:

Contoh Kalimat Perintah


Nyalakan lampu dan amatilah pangkal ranting itu. Kalimat seperti ini tidak boleh digunakan dalam laporan praktikum. Untuk memperjelas cara kerja atau prosedur percobaan kadang-kadang perlu juga dicantumkan gambar rangkaian alat-alat atau gambar bahan lainnya.

 

Hasil dan Pengamatan


Semua hasil baik yang menunjang maupun yang menolak anggapan atau hipotesis harus dikemukakan atau dibahas. Hasil bisa dikemukakan dalam bentuk daftar tabel, atau gamba, dengan maksud memudahkan sipembaca untuk memahami.

Pembahasan hasil percobaan sedapat mungkin dihubungkan dengan jawaban atas pertanyaan berupa kalimat lengkap dan alangkah baiknya nomor pertanyaan tidak lagi dicantumkan.

 

Kesimpulan


Dari hasil percoban yang saudara lakukan atau yang saudara bahas, buatlah kesimpulan atau kalau mungkin dengan tidak melupakan tujuan, latar belakang, dan hipotesis yang saudara kemukakan dalam pendahuluan. Jika dalam percobaan untuk kesimpulan terdapat pertanyaan, sehingga merupakan kalimat yang lengkap dan tidak perlu mencantumkan nomor pertanyaan lagi.

Dari bentuk dan isi laporan praktikum biologi tersebut diatas diharapkan jika seseorang membaca suatu laporan praktikum biologi, orang tersebut akan membayangkan bagaimana percobaan itu dilakukan dan bisa mengerti tanpa perlu menanyakan lagi kepada si pembuat laporan, sehingga kalau ia ingin melakukan percobaan yang sama bisa mengulanginya. Oleh karena itu usahakan mengikuti petunjuk diatas dan gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.