Belajar Biologi | Belajar Sains

Penjelasan Lengkap Dampak Positif dan Negatif Bioteknologi

Advertisement

Advertisement


loading...

Penjelasan Lengkap Dampak Positif dan Negatif Bioteknologi - Menjelang akhir abad ke-20 sebagian besar masyarakat dunia menanti bioteknologi dengan penuh harapan untuk memecahkan berbagai masalah umat manusia di bumi. Namun sebagian masyarakat memandang bahwa memasuki era bioteknologi sama saja memasuki hutan belantara ketidakpastian tentang dampak yang akan terjadi kemudian hari. Perkembangan bioteknologi sekarang ini akan menimbulkan dampak serius pada demensi etika dan budaya.

Rekayasa genetika menimbulkan masalah-masalah etika serius yang berhubungan dengan pengubahan, manipulasi, penetapan paten dan pemilikan bentuk-bentuk kehidupan. 

Berbagai perkembangan di bidang kesehatan juga akan membawa implikasi mendalam pada nilai-nilai budaya. Infrastruktur teknologi dan desakan ekonomi akibat bioteknologi membawa dampak besar pada struktur sosial ekonomi serta pada nilai-nilai budaya, sementara masyarakat luas tidak mendapat informasi dan diasingkan dari pengambilan keputusan tentang arah, batas-batas tujuan dan dampak bioteknologi.

Semua organisme yang ada di bumi telah melampaui proses evolusi selama jutaan tahun akibat keberadaan mereka kini telah mencapai suatu posisi keseimbangan yang optimal. Interaksi antara suatu organisme dengan lingkungannya baik lingkungan biotik maupun abiotik telah mempunyai bentuk khas masing-masing keanekaragaman jenis hubungan ini mempengaruhi bentuk ekosistem kita di bumi.

Penjelasan Lengkap Dampak Positif dan Negatif Bioteknologi
Penjelasan Lengkap Dampak Positif dan Negatif Bioteknologi


Jadi jelaslah terlihat adanya keterkaitan antara masing-masing organisme musnah, keseimbangan sistem akan terganggu dampak yang akan ditimbulkan bioteknologi dalam sistem ekologi antara lain terjadinya pencemaran lingkungan akibat penggunaan pestisida yang berlebihan sehingga penambahan atau pengurangan komponen-komponen ekosistem bukan merupakan hal yang dianggap ringan.

Contoh dampak pemasukan organisme baru ke lingkungan alami adalah pemanfaatan gen anti beku yang terdapat pada suatu jenis ikan yang dapat ditransfer ke ikan yang tidak tahan suhu dingin. Akibatnya yang biasa tidak didapati pada musim dingin sekarang dapat sangat leluasa berkembang biak dan menempati perairan yang dingin. Jadi akibat adanya kejadian ini dapat menimbulkan pemusnahan suatu spesies ikan tertentu, sehingga keseimbangan ekosistem terganggu.


Dampak Positif dan Negatif Bioteknologi


Bioteknologi membawa keuntungan (dampak positif) dalam kehidupan kita sekarang antara lain:

a. Peningkatan hasil pertanian
b. Peningkatan gizi produk makanan dan minuman
c. Mengatasi polusi lingkungan
d. Melestarikan hewan dan tumbuhan melalui kultur jaringan
e. Memproduksi obat-obatan dengan cara rekayasa genetika.

Selain membawa dampak positif bagi kehidupan, namun dalam proses maupun hasil bioteknologi membawa dampak negatif, diantaranya:

a. Pencemaran lingkungan
b. Produk gen asing
c. Ekosistem terganggu
d. Dampak buruk terhadap kesehatan
e. Masalah etika dan moral
f. Sistem perekonomian terganggu.

Materi Menarik Lainnya:

loading...



Tag : Bioteknologi
Back To Top