Tanaman Apel: Klasifikasi, Deskripsi, Kandungan dan Kegunaan untuk Kesehatan

Tanaman Apel: Klasifikasi, Deskripsi, Kandungan dan Kegunaan untuk Kesehatan

Nama botani
Pyrus malus Linn., Malus sylvestris (L.) Mill.

Nama lain
Apple (inggris, perancis).

Suku
Rosaceae
Tanaman Apel: Klasifikasi, Deskripsi, Kandungan dan Kegunaan untuk Kesehatan


Deskripsi


Apel (pyrus malus) dapat hidup subur di daerah yang mempunyai temperatur dingin. Di eropa, tumuhan ini di budidayakan terutama di daerah subtropis bagian utara. Apel lokal indonesia yang terkanal berasal dari daerah gunung pangrango, jawa barat. Di Indonesia, apel dapat tumbuh dan berkembang dengan baik apabila dibudidayakan pada daerah yang mempunyai ketinggian sekitar 1200 m diatas permukaan laut. Tumbuhan apel dikategorikan sebagai salah satu suku mawar-mawaran dan mempunyai tinggi batang pohon mencapai 7-10 m. daun apel sangat mirip dengan daun tumbuhan bunga mawar. Daun berbentuk bulat telur dan dihiasi gerigi-gerigi kecil pada tepinya. Pada usia produktif, apel biasanya akan berbunga pada sekitar bulan juli. Buah apel yang berukuran macam-macam tersebut merupakan bunga yang membesar atau mengembang sehingga menjadi buah yang padat dan berisi.

Kandungan


Buah apel mempunyai kandungan senyawa pektin. Selain itu, buah apel mengandung zat-zat gizi, antara lain kalori sebesar 58 kalori, hidrat arang 14,9 g, lemak 0,4 g, protein 0,3 g, kalsium 6 mg, fosfor 6 mg, dan air 84,1% dalam setiap 100 gramnya.

Kegunaan


Berikut ini dua kegunaandan ramuan mengandung buah apel.
1.diabetes melitus.
   Bahan: satu buah apel berukuran sedang.
   Pengobatan: buah apel dibelah menjadi 4 bagian dan direbus dengan 3-4 gelas airsampai mendidih dan air tinggal 2 gelas. Ramuan ini diminum pagi dan sore. Hal ini harus dilakukan secara rutin.
2.Diare
   Satu buah apel yang belum masak dimakan seperti biasa.