Categories: Sel

Pengertian, Perbedaan Sel Prokariotik dan Ekariotik Dalam Tabel

Loading...

Pengertian, Perbedaan Sel Prokariotik dan Ekariotik Dalam Tabel

Pengertian

Unit fisik terkecil dari organisme hidup adalah sel. Komposisi material sel pada semua organisme adalah sama yaitu: DNA, RNA, protein, lemak dan fosfolipid, yang merupakan komponen dasar semua jenis sel. Namun demikian pengamatan lebih teliti menunjukkan adanya perbedaan sangat mendasar antara sel bakteri dan sianobakteria di satu pihak dengan sel hewan dan tumbuhan di lain pihak.

Ada dua tipe sel yaitu: sel prokariotik dan sel eukariotik. Sel prokariotik merupakan tipe sel pada bakteri dan sianobakteria / alga biru (disebut jasad prokariot). Sel eukariotik merupakan tipe sel pada jasad yang tingkatnya lebih tinggi dari bakteri (disebut jasad eukariot) yaitu khamir, jamur (fungi), alga selain alga biru, protozoa dan tanaman serta hewan.

Tabel Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

Berikut ini tabel perbedaan kedua tipe jasad itu adalah sebagai berikut:

Perbedaan Sel Prokariotik dan Ekariotik

SEL PROKARIOTIK

Tipe sel prokariotik mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan sel eukariotik. Beberapa sel bakteri Pseudomonas hanya berukuran 0,4-0,7μ diameternya dan panjangnya 2-3μ . Sel ini tidak mempunyai organela seperti mitokondria, khloroplas dan aparat golgi.

Loading...

Inti sel prokariotik tidak mempunyai membran. Bahan genetis terdapat di dalam sitoplasma, berupa untaian ganda (double helix) DNA berbentuk lingkaran yang tertutup. “Kromosom” bakteri pada umumnya hanya satu, tetapi juga mempunyai satu atau lebih molekul DNA yang melingkar (sirkuler) yang disebut plasmid. Sel prokariotik tidak mengandung organel yang dikelilingi oleh membran. Ribosom yang dimiliki sel prokariot
lebih kecil yaitu berukuran 70S.

Ukuran genom sel prokariot berbeda dengan sel eukariot. Jumlah DNA penyusun pada sel prokariot berkisar antara 0,8-8.106 pasangan basa (pb) DNA. DNA pada sel eukariot mempunyai pasangan basa lebih tinggi, sebagai contoh: Neurospora 19.106; Aspergillus niger 40.106; Jagung 7.109; dan manusia 29.109. Sel prokariotik tidak seluruhnya membutuhkan oksigen, misalnya pada bakteri anaerob.

SEL EUKARIOTIK

Sel eukariotik mempunyai inti sejati yang diselimuti membran inti. Inti sel mengandung bahan genetis berupa genome/ DNA. Seluruh bahan genetis tersebut tersusun dalam suatu kromosom. Di dalam kromosom terdapat DNA yang berasosiasi dengan suatu protein yang disebut histon. Kromosom dapat mengalami pembelahan melalui proses yang dikenal sebagai mitosis.

Sel eukariotik juga mengandung organel-organel seperti mitokondria dan khloroplas yang mengandung sedikit DNA. Bentuk DNA dalam ke dua organel tersebut adalah sirkuler tertutup (seperti DNA prokariot). Ribosom pada sel eukariotik lebih besar dibandingkan prokariotik, berukuran 80S. Di dalam sel ini juga dijumpai organel lain yang bermembran, yaitu aparatus golgi. Pada tanaman organela ini mirip dengan
diktiosom. Kedua organel tersebut berperan dalam proses sekresi.

admin

Hanya seorang pelajar biasa yang ingin berbagi ilmu biologi kepada masyarakat via Pintar Biologi

Recent Posts

Gangguan atau Kelainan yang Terjadi pada Sistem Saraf

Berikut ini beberapa gangguan atau kelainan yang terjadi pada sistem saraf. Ada beberapa gangguan atau…

2 hours ago

Sistem Saraf Tak Sadar (Otonom) Pada Manusia

Sistem Saraf Tak Sadar (Otonom) Pada Manusia - Sistem saraf tak sadar merupakan sekumpulan saraf…

6 hours ago

Latihan Soal UN dan Ujian SNMPTN / PTS

Latihan Soal UN dan Ujian SNMPTN / PTS Petunjuk: Pilih satu jawaban yang benar 1.…

10 hours ago

Macam/Jenis Enzim Pencernaan dan Fungsinya

Proses pencernaan di dalam tubuh makhluk hidup, melibatkan enzim-enzim pencernaan. Hal ini menyebabkan bahan makanan…

14 hours ago

Kisi-kisi Materi UKG Pelajaran Biologi SMA Tahun 2015

Kisi-kisi Materi UKG 2015 Pelajaran Biologi SMASalah satu cara pemerintah memajukan kualitas dan kompetensi guru…

18 hours ago

Tipe-Tipe Ekosistem Beserta Ciri-Ciri dan Gambarnya

Materi pembahasan tentang ekosistem telah banyak dibahas di beberapa kesempatan yang lalu. Sekedar untuk mengingatkan,…

22 hours ago

This website uses cookies.