8 Contoh Tumbuhan Monokotil Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya Lengkap | Pintar Biologi
Loading...

8 Contoh Tumbuhan Monokotil Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya Lengkap

8 Contoh Tumbuhan Monokotil Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya Lengkap - Berdasarkan jumlah keping bijinya, tumbuhan terbagi menjadi 2 golongan, yaitu tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil. Dalam beberapa kesempatan yang lalu, kami pernah membahasnya. Silakan simak tulisan selengkapnya: Tumbuhan Monokotil dan Dikotil, Perbedaan dan Contohnya.

Terdapat 5 suku tumbuhan yang termasuk ke dalam jenis tumbuhan monokotil, yaitu: rumput-rumputan (Graminae), anggrek-anggrekan (Orchidaceae), pinang-pinangan (Palmae), pisang-pisangan (Musaceae), dan jahe-jahean (Zingiberaceae).

Dalam kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas tentang contoh-contoh tumbuhan monokotil saja. Akan kami berikan 10 contoh tumbuhan monokotil beserta gambar dan ciri-cirinya lengkap. Berikut ini daftar lengkapnya:

1. Rumput Teki (Cyperus rotundus)

Rumput Teki - 10 Contoh Tumbuhan Monokotil Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya Lengkap
Rumput teki (Cyperus rotundus) - Foto: http://redmaxs.net

Teki atau Cyperus rotundus adalah gulma pertanian yang biasa dijumpai di lahan terbuka. Apabila orang menyebut "teki", biasanya yang dimaksud adalah jenis ini, walaupun ada banyak jenis Cyperus lainnya yang berpenampilan mirip.

Teki sangat adaptif dan karena itu menjadi gulma yang sangat sulit dikendalikan. Ia membentuk umbi (sebenarnya adalah tuber, modifikasi dari batang) dan geragih (stolon) yang mampu mencapai kedalaman satu meter, sehingga mampu menghindar dari kedalaman olah tanah (30 cm). Teki menyebar di seluruh penjuru dunia, tumbuh baik bila tersedia air cukup, toleran terhadap genangan, mampu bertahan pada kondisi kekeringan.

Ia termasuk dalam tumbuhan berfotosintesis melalui jalur C4.

2. Padi (Oryza sativa L)

Padi - 10 Contoh Tumbuhan Monokotil Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya Lengkap
Padi (Oryza sativa) - Foto: http://www.infoagribisnis.com

Padi termasuk dalam suku padi-padian atau poaceae. Terna semusim,berakar serabut,batang sangat pendek,struktur serupa batang terbentuk dari rangkaian pelepah daun yang saling menopang daun sempurna dengan pelepah tegak,daun berbentuk lanset,warna hijau muda hingga hijau tua,berurat daun sejajar,tertutupi oleh rambut yang pendek dan jarang,bagian bunga tersusun majemuk,tipe malai bercabang,satuan bunga disebut floret yang terletak pada satu spikelet yang duduk pada panikula,tipe buah bulir atau kariopsis yang tidak dapat dibedakan mana buah dan bijinya,bentuk hampir bulat hingga lonjong,ukuran 3 mm hingga 15 mm,tertutup oleh palea dan lemma yang dalam bahasa sehari-hari disebut sekam,struktur dominan padi yang biasa dikonsumsi yaitu jenis enduspermium.

3. Kunyit (Curcuma domestica Val.)

Kunyit - 10 Contoh Tumbuhan Monokotil Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya Lengkap
Kunyit (Curcuma domestica Val.) - Foto: agroteknologi.web.id

Nama latin dari kunyit adalah Curcuma domestica Val. Tanaman yang satu ini merupakan tanaman yang mempunyai fungsi penting pada bagian akar yang berupa umbi. Dengan kata lain, kunyit memiliki klasifikasi yang menyerupai tanaman lain seperti jahe, lengkuas, temu lawak dan beberapa tanaman lainnya. Bukan hanya sekedar berguna untuk mengetahui silsilah kekerabatan dari tanaman kunyit, klasifikasi tersebut juga dapat membuat kita tahu bahwa bagian bunga dari tanaman kunyit merupakan jenis bunga yang majemuk dengan rambut dan mempunyai sisik di bagian pucuk batang semunya. Klasifikasi tadi juga menyimpan info mengenai morfologi dari tanaman kunyit yang termasuk salah satu tanaman tropis.

Baca: Tanaman Kunyit; Deskripsi, Manfaat dan Kandungannya

4. Kurma (Phoenix dactylifera)

Kurma (Phoenix dactylifera) - 10 Contoh Tumbuhan Monokotil Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya Lengkap
Kurma (Phoenix dactylifera) - Foto: dyahpm.wordpress.com

Kurma, (Arab: تمر‎, Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia.

Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

5. Vanili (Vanilla planifolia)


Vanili (Vanilla planifolia) - 10 Contoh Tumbuhan Monokotil Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya Lengkap
Vanili (Vanilla planifolia) - Foto: Tokopedia.com

Vanili (Vanilla planifolia) adalah tanaman penghasil bubuk vanili yang biasa dijadikan pengharum makanan. Bubuk ini dihasilkan dari buahnya yang berbentuk polong.

Batang tanaman vanili kira-kira sebesar jari, berwarna hijau, agak lunak, beruas dan berbuku. Panjang rata-rata 15 cm. Tumbuhan melekat pada pohon atau tonggak yang telah disediakan.

Daun vanili merupakan daun tunggal. Letaknya berselang-seling pada masing-masing buku. Warnanya hijau terang, dengan kepanjangan 10-25 cm serta lebar 5-7 cm. Bentuk daun pipih, berdaging, bulat telur, jorong atau lanset dengan ujung lancip. Tulang daun sejajar, tampak setelah daun tersebut tua atau mengering, sedangkan pada waktu daun masih muda tidak jelas kelihatan.

Bunga vanili terdiri dari 6 daun bunga (3 sepal, 3 petal) yang terletak dalam dua lingkaran. Daun bunga bagian luar (sepal) sedikit lebih besar daripada bagian dalam petal. Satu dari petalnya berubah bentuk, menggulung seperti corong yang disebut bibir (rostelum).

6. Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata)

Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata) 10 Contoh Tumbuhan Monokotil Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya Lengkap
Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata) - Foto: Youtube.com

Anggrek hitam (Coelogyne pandurata) adalah spesies anggrek yang tumbuh di Semenanjung Malaya, Kalimantan, dan Sumatera. Anggrek hitam adalah maskot flora provinsi Kalimantan Timur. Saat ini, habitat asli anggrek hitam mengalami penurunan jumlah yang cukup besar karena semakin menyusutnya luas hutan di Kalimantan namun masih bisa ditemukan di cagar alam Kersik Luway dalam jumlah yang sedikit. Diperkirakan jumlah yang lebih banyak berada di tangan para kolektor anggrek.

7. Pisang Kipas (Ravenala madagascariensis)

Pisang Kipas (Ravenala madagascariensis) 10 Contoh Tumbuhan Monokotil Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya Lengkap
Pisang Kipas (Ravenala madagascariensis) - Foto: http://bibitbunga.com

Pisang kipas merupakan anggota dari suku atau jenis pisang-pisangan yang dapat dijadikan tananam hias. Disebut pisang kipas karena bentuknya yang persis seperti kipas. Pisang kipas biasanya juga disebut dengan sebutan pisang madagaskar (diduga berasal dari daerah Madagaskar). Pisang kipas mempunyai nama sains yaitu Revenala madagascariensis.

Pisang kipas merupakan salah satu dari bagian pisang hias. Pisang termasuk bagian dari tumbuhan monokotil. Monokotil merupakan tumbuhan yang hanya mempunyai satu daun tumbuhan lembaga pada bijinya. Selain itu tumbuhan monokotil juga mempunyai ciri biji berkeping satu, berakar serabut, batang tidak bercabang dan tidak berkambium. Pisang kipas pada umumnya ditanam sebagai tanaman hias yang dapat mempercantik lingkungan. Pisang kipas jarang sekali mengeluarkan bunga dan buah.

8. Pinang (Areca catechu)

Pinang (Areca catechu) - 10 Contoh Tumbuhan Monokotil Beserta Gambar dan Ciri-Cirinya Lengkap
Pinang (Areca catechu) - Foto: http://bobo.grid.id

Pinang adalah sejenis palma yang tumbuh di daerah Pasifik, Asia dan Afrika bagian timur. Pinang juga merupakan nama buahnya yang diperdagangkan orang. Pelbagai nama daerah di antaranya adalah pineung (Aceh), pining (Batak Toba), penang (Md.), jambe (Sd., Jw.), bua, ua, wua, pua, fua, hua (aneka bahasa di Nusa Tenggara dan Maluku) dan berbagai sebutan lainnya.

Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Betel palm atau Betel nut tree, dan nama ilmiahnya adalah Areca catechu.
Loading...