Inilah 6 Tanaman Buah yang Disebutkan Dalam Al Quran dan Penjelasannya | Pintar Biologi
Loading...

Inilah 6 Tanaman Buah yang Disebutkan Dalam Al Quran dan Penjelasannya

Inilah 6 Tanaman Buah yang Disebutkan Dalam Al Quran dan Penjelasannya - Al Quran adalah kitab suci ummat Islam. Di dalamnya berisi panduan pokok aturan yang wajib diamalkan oleh ummat Islam. Selain itu, Al Quran juga berisi sejarah, ilmu pengetahuan, dan banyak lagi. Termasuk, di dalam Al Quran ternyata juga memuat beberapa jenis tanaman dalam beberapa ayat. Apa saja?

Berikut ini 6 tanaman buah yang disebutkan dalam Al Quran dan penejelasannya:

1. Buah Anggur (Vitis vinivera)

Buah Anggur (Vitis vinivera)
Buah Anggur (Vitis vinivera) - Foto: https://www.khasiat.co.id

Anggur merupakan salah satu buah yang memiliki keistimewaan, yaitu kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh. Buah ini telah di sebutkan pada beberapa ayat al-Qur’an di antaranya: a. Surat al-Baqarah ayat 266

“Apakah ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; Dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buahbuahan,
kemudian datanglah masa tua pada orang itu sedang Dia mempunyai keturunan yang masih kecil-kecil. Maka kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, lalu terbakarlah. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya.” (Qs.al-Baqarah : 266)

Menurut Hisyam Thalbah bahwa anggur merupakan salah satu buah yang diciptakan oleh Allah swt untuk hambanya. Buah ini memiliki bentuk bulat, berwarna hitam, merah, terkadang juga biru.
Tanaman ini juga terkenal sebagai tanaman yang merambat ke atas, dan berlawanan arah dengan kuncupnya dan searah dengan penopang anggur.

Anggur juga telah diketahui memiliki kandungan khasiat yang tinggi dan bermanfaat bagi manusia diantaranya sebagai obat, makanan, dan minuman. Anggur adalah buah yang paling bergizi, dapat mengobati batuk, memurnikan darah, membersihkan usus, pencernaan, dan bermanfaat bagi orang-orang yang terkena penyakit lambung dan diet.

 Menurut para peneliti, meminum segelas jus anggur di pagi hari sebelum sarapan dan segelas lagi pada malam hari sebelum makan malam, sangat membantu dalam usaha penyembuhan dari penyakit hemoroid (wasir), gangguan pencernaan, batu ginjal, dan gangguan kantong empedu.

2. Kurma (Phoenix dactylifera)

Kurma (Phoenix dactylifera)
Kurma (Phoenix dactylifera) - Foto: dyahpm.wordpress.com

Kurma merupakan salah satu buah yang menjadi makanan favorit Nabi Muhammad SAW karena kandungan yang terdapat pada buahnya nyaris sempurna tanpa ada dampak buruk sedikitpun bagi
yang mengkonsumsinya. Allah swt sendiri telah melebihkan buah kurma di atas buah-buah yang lain. Dalam al-Qur’an telah dijelaskan dalam beberapa ayat tentang buah ini. Di antaranya adalah di dalam Surat al-Rahman Ayat 11-12:

"Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang. Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum baunya." (Qs. al-Rahman : 11-12).

Menurut Thalbah Hisyam kurma merupakan salah satu buah yang mempunyai manfaat yang penting. Hal ini sesuai dengan yang diungkapkan oleh Allah swt ketika Maryam yang masih gadis saat gelisah dan menderita jiwa dan raganya, kala itu tidak seorangpun dapat melindunginya.25 Oleh karenanya, kurma merupakan makanan, minuman dan penenang bagi diri Maryam yang suci, serta faktor terpenting yang membuatnya lebih tabah dan tenang dalam menghadapi keadaan yang sulit.

Kurma merupakan makanan khas orang arab baik yang berada di daerah perkotaaan maupun pedesaan. Mereka senantiasa mengidentikannya dengan ketenangan, ketentraman, dan kesabaran.

Kandungan fosfor yang terdapat pada kurma juga sangat penting bagi konsumsi otak dan meningkatkan kekuatan akal, termasuk perkembangan otot.

Menurut para ahli biologi modern, bahwa buah kurma yang basah maupun kering mengandung banyak zat gula hingga mencapai 70% seperti halnya tebu dan buah-buahan sejenis lainnya. Selain itu, kurma kering juga mengandung banyak zat penting yang diperlukan tubuh, seperti potasium, fosfor, dan magnesium.

3. Buah Tin (Ficus carica L)

Buah Tin (Ficus carica L)
Buah Tin (Ficus carica L) - Foto: www.jualbenihmurah.com

Tin merupakan buah yang memiliki khasiat tinggi karena mengandung zat sejenis al-Kalin yang mampu menghilangkan keasaman pada tubuh. Zat-zat aktif yang terdapat dalam buah tin adalah sejenis zat-zat pembersih yang bisa dipakai untuk mengobati luka dengan cara melumurinya.

Dalam Al Qur’an telah dijelaskan dalam beberapa ayat tentang buah ini yaitu antara lain Surat Al Tin Ayat 1-4:

"Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun dan demi bukit Sinai, dan demi kota (Mekah) ini yang aman,Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya." (Qs. At Tin : 1-4).

Dalam suatu riwayat, Rasulullah pernah diberi hadiah buah tin kemudian beliau memakannya. Selanjutnya beliau berkata kepada para sahabat. “Makanlah, Jika boleh ku katakan, buah ini adalah
buah yang berasal dari surga sehingga aku memakannya. Sebab, buah surga itu asing ( tidak ada disekitar kita ) dan buah ini bisa memutuskan bawasir bahkan banyak sekali manfaatnya untuk
badan.” Menurut Ali bin Musa, buah tin itu bisa menghilangkan bau mulut, menyuburkan rambut dan pencegah lumpuh. Hal khusus dari buah ini adalah bagian luar dan dalam buah sama baiknya.

4. Buah Zaitun (Olea europaea)

Buah Zaitun (Olea europaea)
Zaitun (Olea europaea) - Foto: Bukalapak.com

Zaitun merupakan buah yang berasal dari pohon kecil tahunan dan hijau abadi, buah mudanya dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar. Buah yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan.

Dalam al-Qur’an telah dijelaskan beberapa ayat tentang buah ini, di antaranya adalah Surat al-Mukminun Ayat 20-22:

“Dan pohon kayu keluar dari Thursina (pohon zaitun), yang menghasilkan minyak, dan pemakan makanan bagi orang-orang yang makan.dan Sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan, dan di atas punggung binatang-binatang ternak itu dan (juga) di atas perahu-perahu kamu diangkut.” (Qs. al-Mukminun : 20-22)

5. Buah Delima (Punica granatum)

Buah Delima (Punica granatum)
Buah Delima (Punica granatum) - Foto: https://nusantaranews.co

Delima merupakan salah satu buah yang menjadi favorit di seluruh dunia sejak masa lampau, buah ini memiliki rasa yang manis, kulitnya cantik, dan berisi biji-bijian yang berwarna merah menyala.

Di dalam al-Qur’an juga dijelaskan dalam salah satu ayat yaitu Surat al-Rahman Ayat 68:

"Di dalam keduanya (ada macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima." (Qs. al-Rahman : 68).

Dalam Kitab Tafsir Al Misbah, Muhammad Quraish Shihab mengutip dari Kitab Tafsir Al Muntakhabat tentang keistimewaan dua nama buah secara khusus, yaitu kurma dan delima. Di jelaskan bahwa kedua buah tersebut memiliki beberapa keistimewaan seperti yang dibuktikan oleh ilmu pengetahuan sains modern. Secara kimiawi delima, isi atau perasannya mengandung asam sitrat dengan kadar yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan jenis buah-buahan lainnya. Ketika terjadi pembakaran sangat membantu mengurangi keasaman urine dan darah yang pada gilirannya dapat mencegah penyakit encok atau sengal pada tubuh. Asam sitrat yang terkandung dalam buah juga dapat membantu membentuk sebagian batu ginjal.

Perasan buah delima ini juga mengandung kadar gula yang cukup, sekitar 11 % untuk mempermudah pembakaran dan menghasilkan energi. Selain itu, kulit buah delima juga mempunyai kegunaan karena mengandung astringen yang dapat melindungi perut dari buang air, disamping dapat memanfaatkan untuk membasmi cacing pita.

6. Buah Pisang (Musa paradisiaca)

Buah Pisang (Musa paradisiaca)
Buah Pisang (Musa paradisiaca) - Foto: http://caraways.blogspot.co.id

Pisang merupakan tanaman buah-buahan tropis beriklim basah dengan curah hujan yang merata sepanjang tahun, buah ini menjadi sumber kabohidrat dan vitamin yang dapat di konsumsi dalam bentuk maupun segar. Buah pisang memiliki karakteristik lonjong dan biasanya mengumpul dalam satu kelompok yang umum atau sering disebut tandan. Di dalam al-Qur’an juga dijelaskan tentang buah ini, yaitu Surat Al Waqi’ah Ayat 27-29

“ Dan golongan kanan, Alangkah bahagianya golongan kanan itu. berada di antara pohon bidara yang tak berduri,dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya).” (Qs. Al Waqi’ah : 27-29).

Menurut Muhammad Quraish Shihab memahami kata thalh dengan pohon pisang karena bersusun satu sama lain seperti jari jemari atau sisir.40 Hal senada juga diungkapkan oleh Muhammad Teungku Hasbi As Shiddiqiey yang menyatakan bahwa kata thalh memiliki makna suatu tanaman indah yang penuh dengan pohon-pohon bidara (banyak tumbuh di tepi laut) yang sudah tersusun buahnya dengan indah dan tidak pernah putus untuk berbuah.

 Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli bahwa pisang banyak mengandung fruktosa (sumber glukosa dalam darah), padat energy dan mengandung banyak kalium (potassium) dan Oligofruktosa. Mengingat kandungan gizinya yang begitu banyak, pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti melancarkan pencernaan makanan, dan mengefektifkan penyerapan kalsium dari proses pencernaan makanan yang berkadar kalsium.


Loading...