Contoh Pedoman Penulisan Artikel Ilmiah e-Jurnal Biologi | Pintar Biologi
Loading...

Contoh Pedoman Penulisan Artikel Ilmiah e-Jurnal Biologi

Contoh Pedoman Penulisan Artikel Ilmiah e-Jurnal Biologi - Berikut ini kami berikan Contoh Pedoman Penulisan Artikel Ilmiah e-Jurnal Biologi FMIPA Universitas Andalas:

E-Jurnal Biologi merupakan jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel mengenai berbagai aspek yang terkait dalam bidang Biologi yang merupakan hasil penelitian tugas akhir mahasiswa. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dengan abstrak dalam bahasa Inggris. Setiap naskah yang masuk ke redaksi akan dipublikasikan jika telah lolos dalam proses Review.


Pengiriman Naskah


Naskah dikirimkan ke alamat redaksi: Jurusan Biologi FMIPA UNAND. Kampus UNAND Limau Manis Padang 25163 (telp. 0751-777427). Email redaksi: ejurnalbioua@gmail.com. Naskah diterima dalam bentuk soft copy dan hard copy (satu rangkap).

Pedoman Penulisan


  1. Panjang maksimum naskah adalah 10 halaman, ketikan spasi rangkap (1 spasi) pada kertas A4 
  2. Naskah diketik dengan Microsoft Word, dua kolom (badan artikel kecuali judul dan abstrak), tipe huruf Times New Roman, 11 pt. 
  3. Batas tepi ketikan masing-masing 3 cm 
  4. Nomor halaman ditempatkan di sudut kanan atas 
  5. Gambar dan tabel ditempatkan sesuai posisinya dan juga dilampirkan dalam file terpisah di bagian akhir setelah daftar pustaka secara terpisah. 


Kerangka Penulisan Artikel


  • Bagian awal artikel yang terdiri dari ; judul, penulis (author dan co-author tanpa gelar), alamat penulis dan afiliasi dan abstrak. 
  • Bagian isi yang terdiri dari ; 1. Pendahuluan, 2. Metoda Penelitian, 3. Hasil dan Pembahasan serta 4. Kesimpulan 
  • Bagian Penutup yang terdiri dari ; ucapan terimakasih dan daftar pustaka.


Format Penulisan Naskah


  • Judul Judul singkat (maksimal 20 kata), dicetak tebal (12 pt), diketik dengan huruf besar di setiap awal kata. Nama latin dan istilah asing diketik miring. Judul ditulis dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris 
  • Data Penulis Terdiri dari ; nama lengkap penulis (dengan superscript jika diperlukan), afiliasi dan alamat email penulis korespondensi. Jika artikel merupakan penelitian dosen dan atau pembimbing, author pertama adalah nama dosen yang bersangkutan.


Contoh:

Keanekaragaman dan Distribusi Burung Rangkong (Famili : Bucerotidae) Di Kawasan Hutan Harapan Jambi 

Diversity and distribution of hornbills (family : Bucerotidae) at Harapan Rain Forest Jambi 

Jefri Warman 1), Wilson Novarino 2) dan Jabang Nurdin 1)* 

1) Laboratorium Ekologi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Andalas
2) Laboratorium Taksonomi Hewan Vertebrata, Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Andalas
* Koresponden: jabangnurdin@fmipa.unand.ac.id


  • Abstrak (Abstract); Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dimana panjang abstrak tidak lebih dari 200 kata. Abstrak mengandung ringkasan dari latar belakang tujuan penelitian, metodologi dan hasil penelitian. Abstrak dilengkapi kata kunci (keywords) dalam bahasa Inggris maksimum 5 kata atau gugus kata yang mencerminkan isi artikel. 
  • Pendahuluan; Bagian pendahuluan berisi latar belakang disertai acuan pustaka penting terkait dan diakhiri dengan alinea tujuan penelitian. 
  • Metode penelitian; Metode yang digunakan, termasuk cara pengunaan alat, dituliskan secara terperinci bila belum pernahditerbitkan. Metode yang sudah diterbitkan cukup dijelaskan prinsipnya disertai pustakanya. Metode yang dimodifikasi dijelaskan modifikasinya disertai pustaka sebelumnya. Analisa data dijelaskan secara rinci 
  • Hasil dan Pembahasan; Hasil dan pembahasan tidak dipisah dan dibahas dengan referensi pendukung. Tabel dan grafik dibuat dalam bentuk terbuka. Judul tabel serta gambar diberi nomor sesuai urutan pengacuannya dalam teks. Hasil-hasil penting yang dipaparkan pada bagian hasil dibahas dalam kaitan dengan perumusan masalah tujuan dan hipotesis penelitian. Persamaan, perbedaan dan keunikan hasil penelitian yang diperoleh dibandingkan dengan informasi terkini dalam bidang terkait. 
  • Kesimpulan; Penarikan kesimpulan didasarkan hasil yang diperoleh dengan memperhatikan permasalahan dan tujuan penelitian. 
  • Ucapan Terima kasih; Ucapan terimakasih disampaikan pada pihak penyandang dana dan pihak yang telah berjasa terhadap penelitian sehingga penulisan bisa dihasilkan. 
  • Daftar Pustaka; Daftar Pustaka disusun berdasarkan abjad menggunakan sistem nama tahun. 
Jurnal: Sreekumar, P.G., and M. Balakrishan. 2001. Habitat and Attitude Preferences of Butterflies in Alaram Wildlife Sanctuary, Kerala. Tropical Ecology 42(2): 277-281.

Buku: Fleming, W. A. 1991. Butterflies of West Malaysia and Singapore. 2nd edition. Vinlin Pres Sdn. Bhd. Sripetaling. Kuala Lumpur. Malaysia.

Bab dalam buku: Wagner, T. 1999. Arboreal chrysomelid community structure and faunal overlap between different type of forests in Central Africa. In: Cox M. L. (ed.), Advance in Chrysomelidae Biology. Leiden. Backhuys Publisher. P: 247-270. Abstrak: Almuis, J. O., and D. C. Cunnigham. 1986. Semen Traits of Beefbull Ejaculated Frequently. J. Anim. Sci. 25 : 916 (Abstr.).

Prosiding: Penulisan sama dengan penulisan Bab dalam buku, dengan menyebutkan seminar/simposium/konferensi, tempat, tanggal, halaman dalam prosiding
Pratiwi, P., Suwirmen, M. Idris dan R. Puspita. 2010. Induksi Kalus Andalas (Morus macroura Miq.) yang Toleran Terhadap Cekaman Kekeringan Menggunakan Polietilena Glikol (PEG). Dalam : Zul, S., R. Elvira dan Fitmawati (Eds). Prosiding Semirata PTN Barat Bidang Ilmu MIPA Ke-23. Universitas Riau, Pekanbaru, 10-11 Mei 2010. Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Riau. P: 259-264.

Skripsi, Tesis atau Disertasi: Sutra, N. S. M. 2012. Jenis Kupu-kupu (Rhopalocera) di Tanjung Balai Karimun Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.[Skripsi]. Padang. Universitas Andalas.

Informasi dari internet: Penulisan sama dengan bagian jurnal, dengan menambahkan web address dan tanggal diakses. Rutowski, R. L. 1997. When Butterflies Meet. http://www.butterflywebsite.com/articles/showarticle.Cfm?iD=27. 8 Agustus 2002.

Buku yang bersumber dari lembaga / instansi : Badan Pusat Statistika. 2000. Survey Pertanian Produksi Tanaman Sayuran dan Buah-buahan. Biro Pusat Statistika. Jakarta.

Selengkapnya file PDF bisa diakses disini
Loading...