Blog Pembelajaran Biologi Terlengkap


Kerja Otot

|

 Kerja otot


Kerja otot dibagi menjadi dua yaitu kinetik dan statis. Contoh gerak kinetik adalah menulis. Contoh gerak statis adalah memegang buku pada posisi tertentu tanpa bergerak.

Kontraksi otot juga di bagi menjadi dua yaitu kontraksi isotonik dan isometrik, kontraksi isotonik bekerja ketika tegangan pada otot yang bekerja relatif konstan meskipun otot mengalami perubahan panjang. Kontraksi isotonik digunakan untuk memindahkan barang dan memindahkan benda. 

Kontraksi isotonik dibagi menjadi dua yaitu, konsentrik dan eksentrik.


Kontraksi dan Relaksasi Otot

Pada kontraksi isotonik konsentrik untuk memindahkan benda, otot mengalami pemendekan. Contohnya saat otot biseps berkontaksi yang digunakan untuk mengangkat buku. Pada mekanisme konsentrik eksentrik otot mengalami pemanjangan saat proses kontraksi, sedangkan konstraksi isometric adalah kontraksi dimana energi tidak cukup membuat benda berpindah dan tidak mampu membuat perubahan pada otot.

Setiap orang mempunyai kemampuan otot yang bebeda beda. Jika otot nyeri dan kelelahan kerja otot akan menurun dan otot idak bekerja tidak maksimal. Namun belum tentu setiap orang tahu penyebab nyeri yang dirasakan dan pengaruhannya terhadap relaksasi. 

Oleh karena itu, dalam percobaan ini kita mempelajari pengaruh otot saat melakukan saat melakukankontraksi berupa tarikan dengan kelelahan sempurna yang kemudian disertai dengan istirahat dan pemijatan. Terdapat tiga hal, yang ditinjau dalampercobaan ini yaitu mekanisme kerja otot, metabolisme energi yang digunakan, dan mekanisme kelelahan otot.


Related Posts