(PDF) Materi Perkuliahan Biologi Molekuler untuk Mahasiswa Biologi Fakultas MIPA

Posted on
Loading...

(PDF) Materi Perkuliahan Biologi Molekuler untuk Mahasiswa Biologi Fakultas MIPA

Judul Mata Kuliah : Biologi Molekuler

I. MANFAAT KULIAH

Biologi molekuler merupakan cabang terbaru dari ilmu biologi, namun perkembangannya sudah sangat pesat di negara-negara maju. Ilmu ini mempelajari kehidupan pada aras molekul, dengan titik berat pada molekul DNA, RNA, dan sintesis protein. Studi taksonomi, fisiologi, genetika, dan biokimia saat ini perlu didekati sampai aras molekuler. Oleh karena itu mahasiswa Jurusan Biologi dan ilmu-ilmu terkait perlu dibekali dengan ilmu mengenai molekul-molekul dasar kehidupan.

II. DESKRIPSI MASALAH

Mata kuliah biologi molekuler akan memberikan pengertian dasar dan sejarah biologi molekuler; batasan gen dan genom, serta dogma genetik; perbedaan struktur dan organisasi gen pada prokariotik dan eukariotik; pengemasan DNA; konsep replikon dan replikasi DNA; mutasi dan reparasi DNA; transkripsi pada prokariotik dan eukariotik; pengendalian transkripsi pada prokariotik dan eukariotik; translasi pada prokariotik dan eukariotik; protein target; DNA ekstrakromosomal; aplikasi biologi molekuler.

III. TUJUAN INSTRUKSIONAL

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengerti dan menjelaskan kembali arti biologi molekuler dan konsep-konsep di dalamnya, serta aplikasinya terkait dengan ilmu-ilmu yang lain.

IV. STRATEGI PERKULIAHAN

Metode perkuliahan meliputi ceramah, diskusi, dan kerja kelompok untuk menyelesaikan tugas dan praktikum. Kuliah tatap muka dilakukan dengan media OHP/OHT dan slide power point untuk menunjukkan animasi. Satu semester terbagi atas 14 kali tatap muka perkuliahan, 1 kali midterm, dan 1 kali presemester. Praktikum isolasi DNA dan visualisasinya dengan elektroforesis gel agarosa dilakukan secara kelompok.

Materi kuliah PDF selengkapnya:

Loading...
Gravatar Image
Hanya seorang pelajar biasa yang ingin berbagi ilmu biologi kepada masyarakat via Pintar Biologi