Penemuan-Penemuan Dalam Bidang Biologi yang Bermanfaat bagi Manusia

Posted on
Loading...

Berikut ini Penemuan-Penemuan Dalam Bidang Biologi yang Bermanfaat bagi Manusia:

Penemuan Vitamin

Vitamin merupakan senyawa organik yang diperlukan tubuh kita dalam jumlah kecil, biasanya kurang dari 0,01 gram per hari. Walaupun diperlukan dalam jumlah kecil, tetapi vitamin merupakan senyawa yang sangat penting (vital) bagi tubuh kita, artinya kalau vitamin tersebut tidak terdapat dalam tubuh kita maka kesehatan tubuh kita akan terganggu.

Vitamin-vitamin tersebut haus didatangkan dari luar tubuh karena tubuh kita tidak dapat menghasilkan vitamin. Dengan penemuan-penemuan vitamin maka kita dapat menyusun menu makanan yang baik sehingga tubuh kita dapat tetap sehat.

Berikut ini disajikan tabel beberapa jenis vitamin, akibat yang diderita jika
kekurangan dan sumber-sumber vitamin tersebut.

Tabel 1.2.

Beberapa jenis vitamin, akibat kekurangan dan sumber vitamin tersebut (Melissa, Stanley and George Andrykovitch, 1984)

Beberapa jenis vitamin, akibat kekurangan dan sumber vitamin tersebut

Penemuan Hormon

Hormon merupakan senyawa kimia yang tersusun atas protein. Hormon berfungsi mengatur aktivitas-aktivitas dalam tubuh antara lain metabolisme (pertukaran zat), pertumbuhan dan perkembangan, siklus reproduksi dan sekresi. Berbeda dengan vitamin, hormon dapat dihasilkan oleh tubuh kita sendiri. Hormon dihasilkan oleh kelenjar khusus yang disebut kelenjar endokrin. Kelenjar-kelenjar endokrin yang terdapat dalam tubuh merupakan suatu sistem yang disebut sistem endokrin. Hormon mempunyai efek yang spesifik (khusus) terhadap jaringan. Jaringan tersebut biasanya terletak agak jauh dari sumber hormon. Pengaruhnya kadang-kadang bersifat umum, dalam arti bahwa hormon dapat mempengaruhi tubuh secara ke seluruhan tetapi pada keadaan yang lain pengaruhnya terbatas dan sangat spesifik (Dardjat Sasmitamihardja. Dkk., 1974).

Dengan demikian maka kelainan salah satu kelenjar endokrin dapat mengakibatkan kelainan pada bagian tubuh (jaringan) tertentu dan dapat pula mengakibatkan kelainan tubuh secara keseluruhan.

Berikut ini disajikan beberapa macam kelenjar endokrin yang penting beserta hormon yang dihasilkan.

a. Kelenjar hipofisis

Kelenjar ini terletak di dasar otak. Hormon yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisis antara lain somatotrophic hormon (hormon pertumbuhan). Hormon ini berpengaruh terhadap proses pertumbuhan badan secara keseluruhan dan yang utama berpengaruh terhadap pertumbuhan tulang. Apabila seseorang kelebihan hormon ini maka akan menyebabkan pertumbuhan raksasa (gigantisma) sedangkan apabila kekurangan akan menyebabkan pertumbuhan kerdil (kretinisme).

b. Kelenjar tiroid (kelenjar gondok)

Kelenjar ini terletak di daerah leher. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon thyroxin. Untuk pembentukan thyroxin dibutuhkan jodium. Kekurangan hormon thyroxin akan menyebabkan pembengkakan kelenjar tiroid.

c. Kelenjar paratiroid

Kelenjar ini terletak menempel pada kelenjar tiroid. Kelenjar paratiroid menghasilkan hormon parathormon. Fungsi parathormon adalah untuk mengatur peredaran kadar kalsium (Ca) dalam darah. Calsium berperan dalam sistem syaraf dan merupakan komponen penting dalam tulang.

d. Kelenjar adrenal (anak ginjal)

Kelenjar ini terletak di atas ginjal. Kelenjar anak ginjal menghasilkan hormon adrenalin. Hormon adrenalin berfungsi untuk meningkatkan pengubahan glikogen (gula otot) menjadi glukosa (gula darah).

e. Pulau Langerhans pada pankreas

Kelenjar ini terletak pada pankreas. Pulau langerhans menghasilkan hormon insulin. Fungsi hormon insulin adalah untuk membant pengubahan glukosa menjadi glikogen. Jadi fungsi hormon insulin berlawanan dengan fungsi hormon adrenalin. Masih banyak kelenjar endokrin yang lain beserta hormon yang dihasilkan, silakan Anda mencari sendiri pada buku-buku yang relevan.

Penemuan Antibiotik

Antibiotik yang pertama ditemukan adalah penicilin. Penicilin pertama kali ditemukan oleh Alexander Fleming pada tahun 1942. Penicilin tersebut ditemukan pada saat Alexander Fleming meneliti jamur Penicilium. Zat yang dihasilkan oleh jamur Penicilium tersebut, yang kemudian disebut penicilin ternyata mampu membunuh bakteri penyebab penyakit tanpa meracuni makhluk hidup di mana bakteri tersebut tinggal Penicilin tersebut kemudian dikembangkan secara besar-besaran untuk membantu mengobati para serdadu yang mengalami infeksi akibat perang dunia ke dua.

Beberapa contoh antibiotik yang dihasilkan dari beberapa jenis jamur antara lain:
a. Penicilin dihasilkan dari jamur Penicilium notatum dan Penicilliun chrysogenum.
b. Streptomycin, dihasilkan dari jamur Streptomycetes sp.
c. Chloromycetin, dihasilkan dari jamur Chloromycetes sp.

Dalam dunia kedokteran, antibiotik tersebut sudah lama dipakai untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri, hanya yang perlu diperhatikan adalah dosis dan lamanya penggunaan antibiotik tersebut.

Penggunaan dosis antibiotik yang tidak tepat akan menyebabkan beberapa jenis bakteri menjadi kebal terhadap beberapa jenis antibiotik seperti yang banyak terjadi sekarang ini.

Penemuan-penemuan dalam Bidang Genetika

Orang pertama yang menaruh minat besar terhadap penelitian dalam bidang genetika adalah Gregor Mendel (1822-1884), seorang rahib Austria. Mendel mulai bekerja dengan menggunakan kacang ercis (Pisum sativum) di kebun miliknya. Sesungguhnya pada masa hidupnya belum diketahui, adanya pembawa sifat keturunan modern yang disebut gen. Mendel menyebutnya bahan genetis itu sebagai faktor penentu (determinan) atau disingkat dengan faktor. Pada saat ini telah diketahui bahwa sifat keturunan adalah gen. Gen terletak dalam lokus-lokus kromosom dan kromosom terletak dalam inti sel.

Kromosom-kromosom hanya dapat diamati pada stadium-stadium tertentu dalam siklus hidup sel yaitu pada saat sel mengalami pembelahan. Gen-gen terlalu kecil untuk dilihat, walaupun dengan menggunakan mikroskop dengan perbesaran tinggi. Tetapi eksistensi pada gen-gen tersebut dapat dibuktikan dengan percobaan-percobaan persilangan. Pola-pola keturunan ternyata teratur dan dapat diramalkan, serta mempunyai prinsip-prinsip yang melandasinya.

Yang perlu kita pahami adalah bahwa yang diturunkan oleh induk pada keturunannya bukanlah mata coklat, rambut keriting, kulit putih dan sebagainya, tetapi yang diturunkan oleh induk kepada keturunannya adalah gen yang mengawasi perkembangan sifat yang bersangkutan. Gen tidak dapat dilihat tetapi sifatnya dapat ditunjukkan. Jadi, studi genetika dilakukan dengan cara mempelajari sifat-sifat yang dapat dilihat pada generasi yang berurutan dari suatu makhluk hidup. Dari persamaanpersamaan dan variasi-variasi yang tampak, dibuat suatu analisis bagaimana gen-gen untuk suatu sifat tertentu diturunkan.

Genetika telah memberikan manfaat kepada manusia dalam banyak hal yang praktis misalnya dalam bidang pertanian dan peternakan telah dapat diperoleh berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang mempunyai sifat-sifat unggul. Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk yang sangat besar, rekayasa genetika dalam bidang pertanian hendaknya difokuskan pada upaya penemuan padi unggul yang tahan hama, tahan terhadap kekurangan air, umur pendek, bulir banyak, rasa enak dan sebagainya.

Jika ilmuwan kita mampu menghasilkan padi-padi tersebut maka kita tidak perlu impor beras yang konon banyak merugikan petani dan kita dapat meningkatkan upaya ketahanan pangan. Dalam bidang kedokteran genetika telah dapat digunakan untuk mendiagnosis suatu jenis penyakit (termasuk penyakit keturunan atau bukan) dan konsultasi genetis.

Bahkan dalam hal-hal yang menyangkut hukum, pertimbangan-pertimbangan genetis merupakan dasar yang tidak boleh diabaikan dalam memecahkan masalah, misalnya pemecahan masalah dalam kriminalitas. Anda dapat mencari penemuan-penemuan lain dalam bidang biologi yang bermanfaat bagi manusia dengan banyak membaca buku-buku yang relevan.

Kata kunci:

  • Antibiotik : Senyawa yang dihasilkan suatu jasad renik yang dalam kadar rendah mampu menghambat atau merusak pertumbuhan atau perkembangbiakan jasad renik lain.
  • Hidroponik : Hidroponics. Ilmu tentang cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah, biasanya dalam kamar kaca dengan menggunakan medium larutan kaya hara atau pada substrat yang dialiri larutan hara.
  • Mycoprotein : Makanan berkadar protein tinggi berasal dari mikroorganisme jenis jamur. Misalnya: Mikroprotein dari Fusarium, Spirulina, dan Chlorella.
  • Vitamin : Sekumpulan senyawa organik yang tidak sekerabat yang dihasilkan oleh tumbuhan dan dibutuhkan dalam jumlah sedikit untuk metabolisme dan pertumbuhan normal makhluk, berfungsi sebagai koenzim atau komponen-komponen enzim.
Loading...
Gravatar Image
Hanya seorang pelajar biasa yang ingin berbagi ilmu biologi kepada masyarakat via Pintar Biologi