Cara Mempelajari Genetika

Posted on
Loading...

Dalam mempelajari penurunan sifat dari induk kepada turunannya, terdapat beberapa cara, antara lain berikut ini.

Percobaan Penangkaran (Breeding)

Percobaan ini, meliputi perkawinan silang antarorganisme yang memiliki sifat berbeda, yang kemudian diikuti dengan tabulasi turunan yang dihasilkan dan mencoba menganalisisnya untuk dapat menentukan pola penurunan sifat yang terjadi. Sebagai objek percobaan biasanya dipergunakan hewan atau tumbuhan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila kita akan memilih organisme sebagai bahan percobaan, antara lain berikut ini.

a. Mempunyai daur hidup pendek

Seseorang akan memperoleh sedikit keterangan tentang penurunan sifat apabila mempergunakan gajah sebagai hewan percobaan karena daur hidup gajah cukup lama sehingga memerlukan waktu bertahun-tahun untuk mengetahui pewarisan sifatnya. Berbeda apabila kita mempergunakan tikus, yang sudah siap untuk kawin setelah enam minggu sejak kelahirannya.

b. Mempunyai turunan yang cukup banyak

Untuk menganalisis hasil turunan dari suatu perkawinan silang diperlukan analisis statistik. Hal tersebut dapat dilaksanakan dengan baik apabila tersedia turunan yang relatif banyak, agar hasil yang diperoleh cukup berarti.

c. Mempunyai variasi sifat

Tidaklah mungkin menyelidiki pewarisan sifat bulu hitam tikus, apabila semua tikus yang disilangkan berbulu hitam. Alangkah baiknya apabila dipergunakan tikus yang mempunyai bulu hitam dan putih atau mempunyai mata berwarna merah dan putih. Begitu juga dengan kacang kapri ada yang berwarna merah atau pun putih, ada yang bijinya kisut ataupun licin. Artinya, sebaiknya organisme yang digunakan dalam penangkaran mempunyai banyak sifat.

d. Mudah dilakukan

Syarat ini merupakan hal yang perlu dipertimbangkan apabila mempergunakan hewan sebagai percobaan, di mana faktor makanan dan tempat pemeliharaan menjadi masalah. Pada umumnya, pilihan jatuh pada hewan-hewan kecil sebagai bahan percobaan. Tikus telah banyak dipilih sebagai hewan percobaan karena memenuhi persyaratan tersebut.

Loading...

Selain itu, lalat buah (Drosophila melanogaster) telah banyak dipilih sebagai hewan percobaan yang memenuhi keempat persyaratan tersebut di atas. Lalat memiliki mata yang beraneka warna, begitu pula bentuk sayap dan bulu pada tubuhnya. Makanan dan pemeliharaannya pun cukup sederhana.

Silsilah Keluarga

Mempelajari penurunan sifat pada manusia agak sukar, lain halnya apabila dilakukan pada hewan atau tumbuhan. Kita tidak dapat memaksa orang yang berambut keriting kawin dengan yang berambut lurus, demi penelitian penurunan sifat rambut keriting. Apabila memang terjadi perkawinan semacam itu, kita harus menunggu lama untuk mengetahui pola penurunan sifat tersebut kepada anak dan cucu mereka.

Dengan mempelajari silsilah keluarga, kita dapat mengetahui pola pewarisan sifat dari orang tua kepada turunannya. Dari catatan yang ada mungkin kita dapat mengetahui pola penurunan sifat, misalnya penyakit buta warna dan haemofilia. Dari sifat yang nampak pada morfologi manusia kita dapat menelusuri penurunan sifat tersebut.

Sebagai contoh, rambut keriting, letak menempelnya telinga, ibu jari yang dapat melengkung ke belakang, lesung pipit di pipi, golongan darah. Mempelajari pola penurunan sifat dapat pula dilakukan terhadap anak kembar, kembar fraternal (kembar sesaudara, yaitu yang berasal dari zigot yang berbeda) atau kembar identik (yang berasal dari satu zigot).

Sitologi

Dengan mempelajari struktur sel, para ahli genetika dapat mempelajari sifat yang diturunkan. Kromosom sebagai pembawa sifat yang diturunkan dapat diketahui bentuk, jumlah, dan sifat-sifatnya. Beberapa pertanyaan sehubungan dengan hasil penangkaran, dapat dijelaskan melalui pengamatan sitologis.

Analisis Biokimia

Melalui analisis biokimia dapat diketahui susunan kimia dari kromosom serta gen yang terdapat pada kromosom. Mengapa reaksi fisiologis pada tubuh seorang albino berbeda dengan pada orang yang normal, telah dapat dijawab melalui analisis biokimia. Ternyata pada orang albino tidak dijumpai suatu enzim yang memecah asam amino yang akan menghasilkan pigmen melanin yang membuat rambut, kulit, dan iris mata hitam.

Loading...
Gravatar Image
Hanya seorang pelajar biasa yang ingin berbagi ilmu biologi kepada masyarakat via Pintar Biologi