Categories: Respirasi

Volume dan Kapasitas Paru-Paru Manusia

Loading...

Volume dan Kapasitas Paru-Paru Manusia – Paru-paru adalah organ pada sistem pernapasan (respirasi) dan berhubungan dengan sistem peredaran darah (sirkulasi) vertebrata yang bernapas dengan udara. Fungsinya adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Prosesnya disebut “pernapasan eksternal” atau bernapas. Paru-paru juga mempunyai fungsi nonrespirasi. Istilah kedokteran yang berhubungan dengan paru-paru sering mulai di pulmo-, dari kata Latin pulmones untuk paru-paru.

Gambar: Paru-paru manusia

a. Volume Paru

Untuk memudahkan pengertian peristiwa ventilasi paru, maka udara dalam paru dapat dibagi menjadi empat volume dan empat kapasitas. Empat macam volume tersebut jika semuanya dijumlahkan, sama dengan volume maksimal paru yang sedang mengembang atau disebut juga total lung capacity, dan arti dari masing-masing volume tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Volume tidal adalah jumlah volume udara yang diinspirasi atau diekspirasi setiap kali bernapas normal, besarnya kira-kira 500 mililiter pada laki-laki dewasa.
  2. Volume cadangan inspirasi adalah volume udara ekstra yang dapat diinspirasi setelah dan di atas volume tidal normal bila dilakukan inspirasi kuat, biasanya mencapai 3000 mililiter.
  3. Volume cadangan ekspirasi adalah volume udara ekstra maksimal yang dapat diekspirasi melalui ekspirasi kuat pada akhir ekspirasi tidal normal, jumlah normalnya adalah sekitar 1100 mililiter.
  4. Volume residu yaitu volume udara yang masih tetap berada dalam paru setelah ekspirasi paling kuat, volume ini besarnya kira-kira 1200 mililiter.

B. Kapasitas Paru

Untuk menguraikan peristiwa-peristiwa dalam siklus paru, kadang-kadang perlu menyatukan dua atau lebih volume paru di atas. Kombinasi seperti itu disebut kapasitas paru.

Loading...

1. Kapasitas inspirasi sama dengan volume tidal ditambah volume cadangan inspirasi. Ini adalah jumlah udara (kira-kira 3500 mililiter) yang dapat dihirup oleh seseorang, dimulai pada tingkat ekspirasi normal dan pengembangan paru sampai jumlah maksimum.

2. Kapasitas residu fungsional adalah jumlah udara yang tersisa dalam paru pada akhir ekspirasi normal (kira-kira 2300 mililiter) yang merupakan hasil jumlah dari volume cadangan ekspirasi dan volume residu.

3. Kapasitas vital adalah jumlah dari volume cadangan inspirasi ditambah volume tidal dan volume cadangan ekspirasi. Ini adalah jumlah udara maksimum yang dapat dikeluarkan seseorang dari paru, setelah terlebih dahulu mengisi paru secara maksimum dan kemudian mengeluarkan sebanyak-banyaknya (kira-kira 4600 mililiter).

4. Kapasitas paru total adalah volume maksimum yang dapat mengembangkan paru sebesar mungkin dengan inspirasi sekuat mungkin (kira-kira 5800 mililiter), jumlah ini sama dengan kapasitas vital ditambah volume residu.

Gambar. Diagram yang memperlihatkan peristiwa pernapasan selama bernapas normal, inspirasi maksimal dan ekspirasi maksimal.

admin

Hanya seorang pelajar biasa yang ingin berbagi ilmu biologi kepada masyarakat via Pintar Biologi

Recent Posts

Etologi (Perilaku Hewan): Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Pengantar Etologi (Perilaku Hewan) Setiap mahluk hidup akan melakukan interaksi dengan lingkungannya sejak pertama kali…

54 mins ago

Jamur: Pengertian, Ciri, Manfaat, Reproduksi dan Contohnya

Jamur: Pengertian, Ciri, Manfaat, Reproduksi dan Contohnya Kita telah mengenal jamur dalam kehidupan sehari-hari meskipun…

5 hours ago

Kamus Biologi: Daftar Istilah Penting di Pelajaran Biologi SMA Kelas X

Kamus Biologi: Daftar Istilah Penting di Pelajaran Biologi SMA Kelas X Pelajaran biologi adalah salah…

9 hours ago

Contoh Soal Ulangan Biologi Kelas X Semester 2

Contoh Soal Ulangan Biologi Kelas 10 Semester 2 I . Pilih salah satu jawaban yang…

13 hours ago

Contoh Soal Ulangan Biologi Kelas X Semester 1

Berikut ini adalah Contoh Soal Ulangan Biologi Kelas 10 Semester 1. Selamat berlatih dan semoga…

17 hours ago

Kisi-Kisi Ujian Nasional Biologi IPA SMA Terbaru

Kisi-Kisi Ujian Nasional Biologi IPA SMA Ujian nasional adalah sebagai salah satu persyaratan yang wajib…

21 hours ago

This website uses cookies.