Categories: Tanaman Obat

Mengenal Tanaman Pengusir Nyamuk

Loading...

Apakah rumah Anda banyak nyamuk? Sangat mengganggu bukan? Ya, selain menimbulkan ketidaknyamanan, gatal-gatal di kulit, nyamuk juga kadang bisa menularkan berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang penularannya lewat nyamuk misalnya demam berdarah dan kaki gajah.

Seperti pada musim penghujan kali ini, tentu nyamuk akan cepat berkembang biak melalui media air yang banyak di selokan atau parit. Maka, jagalah kebersihan lingkungan.

Selain itu, tahukah Anda, bahwa ada beberapa tanaman yang juga bisa menangkal atau mengusir nyamuk. Jadi, selain sebagai tanaman hias, ia ternyata memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai pengusir nyamuk.

Berikut ini beberapa tanaman yang mampu mengusir nyamuk:

1. Lavender
Tanaman hias berbunga ungu ini sungguh cantik dan asri ketika diletakkan di pot. Ia bisa ditempatkan dimana saja, baik itu di luar atau dalam ruangan. Bisa diletakkan di teras rumah atau bisa juga di dalam ruangan. Ketika berbunga, lavender akan mengeluarkan aroma harum. Aroma inilah yang tidak disukai nyamuk.

Lavender

2. Kemangi
Bagi Anda yang suka lalapan, tentu tidak asing lagi dengan jenis tanaman yang satu ini. Kemangi biasa disajikan sebagai lalapan mentah. Aroma khas yang dimilikinya, menjadikan siapa saja yang memakannya menjadi segar.

Selain sebagai lalapan, ternyata tanaman kemangi juga mengusir nyamuk. Aroma yang dikeluarkan oleh tanaman kemangi menyebabkan nyamuk tidak mau mendekat.

Loading...
Kemangi

3. Bawang Putih
Bawang putih dikenal sebagai tanaman bumbu masak. Aroma yang kuat, menjadikan masakan memiliki citarasa yang kental. Aroma yang dimiliki bawang putih sangat tidak disukai oleh nyamuk. Maka, tidak ada salahnya Anda menanam bawang putih dalamn pot dan meletakkannya di dalam rumah sebagai media pengusir nyamuk.

4. Serai
Bagi Anda penyuka masakan pindang, tentu mengenal baik tanaman serai ini. Benar, serai biasa dijadikan bumbu. Batang serai dipipihkan, lalu dicampurkan ke masakan. Dengan serai, rasa masakan menjadi makin mantab.

Selain itu, serai ternyata juga jenis tanaman yang tidak disukai nyamuk. Anda bisa memakai tanaman ini sebagai media pengusir nyamuk secara alami.

5. Daun Mint
Daun mint sering juga digunakan sebagai lalapan. Ia juga akan memberikan aroma segar ketika diambahkan ke salad. Selain itu, daun mint ternyata juga mampu berfungsi sebagai tanaman pengusir nyamuk.

Daun mint

Demikian jenis-jenis tanaman yang mampu mengusir nyamuk dari rumah Anda. Jika mengusir nyamuk bisa dilakukan dengan cara yang alami, mengapa harus memakai bahan atau racun kimia? Saatnya kembali ke alam.

admin

Hanya seorang pelajar biasa yang ingin berbagi ilmu biologi kepada masyarakat via Pintar Biologi

Recent Posts

Histologi dan Fisiologi Pankreas

Histologi Pankreas a. Bagian Eksokrin Komponen eksokrin membentuk sebagian besar pankreas dan terdiri dari asini…

7 mins ago

Pankreas: Pengertian, Anatomi, Fungsi, dan Hormon yang Dihasilkan

Pengertian Pankreas adalah organ aksesoris pada sistem pencernaan yang memiliki dua fungsi utama: menghasilkan enzim…

4 hours ago

Eritrosit; Penjelasan, Jenis Kelainan, Variasi Warna dan Bentuknya

Penjelasan Gambaran Eritrosit Eritrosit adalah sel darah merah yang mengandung hemoglobin, yang berfungsi untuk mengangkut…

8 hours ago

Dasar-dasar Taksonomi Tumbuhan

A. KLASIFIKASI, SISTEMATIKA, BOTANI SISTEMATIK, DAN TAKSONOMI Tumbuhan di permukaan bumi selain berjumlah sangat besar…

12 hours ago

Sejarah Klasifikasi dan Perkembangan Taksonomi Tumbuhan

Salah satu cara untuk lebih memahami dan mendalami taksonomi tumbuhan adalah dengan mempelajari awal perkembangannya…

16 hours ago

Metode Perhitungan Jumlah Leukosit

Metode Perhitungan Jumlah Leukosit Menghitung sel-sel darah dari ketiga jenis sel darah leukosit, eritrosit, dan…

20 hours ago

This website uses cookies.