Categories: Praktikum

Petunjuk Praktikum Pengamatan Sel

Loading...

I. PENDAHULUAN

a. Latar belakang

Organisme, baik yang tergolong tumbuhan ataupun hewan disusun oleh berbagai macam sel. Setiap sel tersebut sesungguhnya merupakan unit fungsional dan struktural dari bentuk hidup. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. Karena itulah, sel mampu melaksanakan aktivitas hidup secara autonom seperti organisme yang kompleks umumnya dengan syarat seluruh kebutuhan hidupnya terpenuhi.

Karena sel merupakan struktur yang mendasari semua struktur komplek pada tumbuhan maka materi tentang sel ini berperanan penting pada mata kuliah botani dasar ini. Apapun yang terjadi pada sel akan mempengaruhi baik secara langsung atau tidak langsung kehidupan dari tumbuhan tersebut. Selain itu, materi tentang sel terlebih sel tumbuhan sangat menarik untuk dipelajari.

Bagaimana sejarah struktur sederhana ini disebut sel, bagaimana struktur dasar sel pada organisme, apa saja zat-zat penyusunnya serta benda benda hasil metabolisme yang bisa ditemukan di dalam sel tumbuhan tersebut

b. TUJUAN PRAKTIKUM

Setelah praktikum dilaksanakan diharapkan mahasiswa akan mampu:

  1. Menjelaskan struktur umum sel tumbuhan serta menggambarkannya secara skematik
  2. Menjelaskan bagian bagian dinding sel
  3. Menjelaskan organel yang terdapat dalam sel terutama komponen protoplasmic seperti inti, kloroplas, dan plastida lain, aliran sitoplasma.
  4. Mengamati isi sel Mengamati komponen nonprotoplasmik penyusun sel antara lain vakuola dan isinya, benda-benda ergastik misal macam-macam kalsium oksalat, butir amilum, lender, minyak, butir aleuron.
  5. Membedakan sel hidup dan sel mati.

C. RUANG LINGKUP

Struktur Umum Sel Tumbuhan
 Dinding sel :
 Dinding primer
 Dinding sekunder
 Lamella tengah
 Material dinding
 Noktah
 Plasmodesmata
Membran sel
 sitoplasma
 Organel sel
 Vakuola
Inti sel
 Zat ergastik

II. MATERI PRAKTIKUM

A. Alat dan Bahan

a. Alat :
Mikroskop, gelas benda, gelas penutup, jarum preparat, silet, kobokan, pipet tetes, dan lampu spiritus.
b. Bahan :

  1. Bahan segar
    a) Empulur ketela pohon. b) Buah Capsicum annum, c) Tanaman Hydrilla verticilita, d) Daun Mirabilis jalapa, e) Daun Rhoeo discolor, f) Tangkai daun kuping gajah, g) Umbi Solanum tuberosum, h) Buah Zea mays, i) Rimpang Kaemferia galanga, j) Buah Pyrus communis, k) Batang Amaranthus spinosus, l) Tangkai daun Begonia. m) Tempurung kelapa.
    b) Preparat awetan
    a) Penampang membujur batang Pinus merkusii
    b) Akar Alium cepa fa ascalonicum
    c) Reagen
    Larutan IKI, lariutan floroglusin, HCl 25%, larutan gula 10%, asam asetat glasial.

B. Pelaksanaan Praktikum

latihan 1

Loading...
  1. Sebelum melakukan praktikum siapkanlah mikroskop dan bersihkan sehingga mikroskop siap untuk mengamati.
  2. Bersihkan kaca benda dan teteskan air diatasnya.
  3. Bagilah tugas pembuatan preparat pada semua kelompok. Berikanlah kode pada setiap kaca benda.
  4. Buatlah :
    a) Irisan melintang empulur ketela pohon. letakkanlah hasil irisan pada tetesan air di kaca benda A dan tutuplah dengan kaca penutup. Amatilah bentuk sel empulur ketela pohon dengan mikroskop. Gambarlah pada buku laporan dan berikan keterangan lengkap tentang bentuk sel dan bagian-bagian selnya.
    b) Irisan melintang dari buah Lombok. Letakkanlah hasil irisan pada tetesan air di kaca benda B dan tutuplah dengan kaca penutup. Amatilah bentuk sel dan isi selnya. Gambarlah pada buku laporan dan beri keterangan lengkap tentang bentuk sel dan bagian-bagian selnya.
    c) Ambillah daun Hydrilla verticilata dengan cara mengambil sehelai daun Hydrilla verticilata terutama pada bagian pucuk. Letakkanlah daun pada tetesan air di kaca benda C dan tutuplah dengan kaca penutup. Amatilah aliran plasma yang tampak dan tentukan tipenya. Gambarlah pada buku laporan dan beri keterangan lengkap tentang bentuk sel dan bagian-bagian selnya.
    d) Ambillah filamentum bunga Rhoeo discolor dengan cara pengamatan yang sama dengan langkah no. 4.c.
    e) Irisan paradermal epidermis bawah daun Rhoeo discolor. Letakkanlah hasil irisan pada tetesan air di kaca benda E dan tutuplah dengan kaca penutup. Amatilah bentuk selnya dan warna cairan selnya, kemudian gambarlah pada buku laporan. Ambillah preparat dari meja benda kemudian teteskanlah larutan gula 10% pada salah satu sisi gelas penutup dan hisaplah dengan kertas pengisap pada sisi yang lainnya sehingga air gula masuk dan menyentuh irisan. Amatilah pada mikroskop kembali setelah beberapa menit, Gambarlah pada buku laporan. Tentukanlah, peristiwa apa yang terjadi?
  5. Kembalikanlah mikroskop pada tempatnya setelah :
    a) Mematikan sumber daya
    b) Membersihkan meja benda dari sisa-sisa air dengan menggunakan lap flannel
    c) Membersihkan lensa okuler dari sisa-sisa lemak yang menempel dengan menggunakan kertas lensa
    d) Mengembalikan tuas diafragma pada posisi MIN dan kondensor pada posisi terjauh dari meja benda
    e) Mengunci sekrup pemutar lensa okuler.
    latihan 2
  6. Sebelum melakukan praktikum siapkanlah mikroskop dan bersihkan sehingga mikroskop siap untuk mengamati.
  7. Bersihkan kaca benda dan teteskan air diatasnya.
  8. Bagilah tugas pembuatan preparat pada semua kelompok. Berikanlah kode pada setiap kaca benda.
  9. Buatlah :
    a) Irisan melintang tangkai daun kuping gajah. Letakkanlah hasil irisan pada tetesan air di kaca benda dan tutuplah dengan kaca penutup. Amatilah bentuk sel, bagian-bagiannya, dan bentuk Kristal yang ada di dalamnya. Berilah asam cuka pada preparat dengan langkah yang sama dengan percobaan no. 4. e), amatilah apa yang terjadi? Catat dalam buku laporanmu. Setelah itu gantilah asam cuka dengan HCl 25% dengan cara pemberian yang sama; amatilah kembali, apa yang terjadi? Mengapa demikian, catat dalam buku laporanmu!
    b) Ambillah sepotong umbi kentang, tusuk-tusuklah umbi tersebut dengan jarum kemudian pencetlah, cairan yang keluar singgungkan pada air di atas gelas benda, setelah air terlihat keruh tutuplah dengan kaca penutup. Amatilah butiran-butiran yang terlihat dengan mikroskop, carilah titik di dalam butiran dan lapisan-lapisan yang mengelilinginya. Gambarlah hasil pengamatanmu dalam buku laporan. Setelah itu teteskanlah larutan IKI dengan cara yang sama dengan percobaan no. 4. e). amatilah perubahan yang terjadi, tuliskan hasil pengamatanmu dalam buku laporan.
    c) Ambillah sebutir buah jagung, lakukan seperti percobaan no. 9. g).
    d) Ambillah rimpang kencur, buatlah irisan melintang setipis mungkin. Letakkanlah hasil irisan pada kaca benda yang sudah disiapkan. Amatilah bentuk sel dan isi sel yang tampak di dalamnya. Gambarkanlah hasil pengamatan dalam buku laporan. Setelah itu, teteskan Sudan III dengan cara seperti pada percobaan 4.e). tunggulah beberapa saat, amatilah dan laporkan apa yang terjadi. Tuliskan pada buku laporan.
    e) Ambillah sepotong buah pir, buatlah irisan melintang setipis mungkin. Letakkanlah hasil irisan pada kaca benda, kemudian tutup dengan kaca penutup. Amatilah bentuk sel yang dindingnya menebal dan amatilah bentuk penebalannya. Adakah bagian dinding sel yang tidak menebal?, gambarlah hasil pengamatanmu. Setelah itu, bukalah gelas penutupnya tetesilah preparat dengan larutan floroglusin dan HCl 25% dalam volume yang sama, kemudian tutup kembali preparat dengan gelas penutup. Amatilah preparat pada mikroskop, perubahan apa yang terjadi?; mengapa demikian?, bila perlu lakukan pemanasan di atas lampu spiritus (jaga agar preparat tidak sampai kering).
    f) Ambillah batang bayam, lakukanlah percobaan seperti no. 9.f). gambarlah dan catat hasil pengamatanmu dalam buku laporan.
    g) Ambillah tangkai daun Begonia, lakukanlah percobaan seperti no. 9.f). gambarlah dan catat hasil pengamatanmu dalam buku laporan.
    h) Ambillah preparat awetan penampang membujur batang Pinus merkusii. Amatilah dengan seksama pada perbesaran terkuat. Gambarlah noktah dalam beserta bagian-bagiannya.
    i) Ambillah preparat awetan penampang membujur akar Allium cepa fa ascalinicum. Carilah tahap-tahap pembelahan sel mulai tahap profase sampai interfase. Gambarlah dalam hasil pengamatanmu.
  10. Kembalikanlah mikroskop pada tempatnya setelah :
    a) Mematikan sumber daya.
    b) Membersihkan meja benda sisa-sisa air dengan menggunakan lap flannel.
    c) Membersihkan lensa okuler dari sisa-sisa lemak yang menempel dengan menggunakan kertas lensa.
    d) Mengembalikan tuas diafragma pada posisi MIN dan kondensor pada posisi terjauh dari meja benda.
    e) Mengunci sekrup pemutar lensa okuler.

III. Daftar Pustaka

  • Cutler,D.F., Ted Botha and Dennis Wm Stevenson. 2007. Plant anatomy. An Aplied approach. Blackwell.
  • Esau,K. 1965. Plant Anatomy . Wiley
  • Evert, R.F.2007. Esau’s Plant Anatomy. Meristem, cell, and tisuue of the Plant body. Their structure, function and development. wiley
  • Fahn, A. 1990. Plant Anatomy. Pergamon.
  • Rudall, P. 2007. Anatomy of Flowering Plants. Edward arnorld
  • Hidayat, E.B. 1995. Anatomi Tumbuhan berbiji.Bandung. ITB

IV. PERTANYAAN DAN TUGAS

  1. Buatlah gambar skematik struktur sel tumbuhan lengkap dengan organela dan fungsi masing-masng organela tersebut.
  2. Jelaskan mengapa sel dikatakan sebgai unit terkecil suatu kehidupan
  3. Sebutkan berbagai macam bentuk sel yang sudah saudara amati!
  4. Dimanakan terdapat leukoplas?
  5. a. Pada sel yang bagaimanakah terdapat aliran sitoplasma sirkulasi? b. Pada sel yang bagaimanakah terdapat aliran sitoplasma rotasi?
  6. Pada penampang permukaan daun Hydrilla verticillata:
    a. Bagaimana bentuk selnya?
    b. Bagaimana bentuk dan ukuran kloroplas?
    c. Apakah terdapat pigmen dalam vakuola?
    d. bagaimana bentuk inti selnya?
  7. Apa perbedaan sel pada empulur ketela pohon dengan sel-sel yang berwarna merah (setelah perlakuan penetesan floroglusin dan HCl 25%) pada daging buah pir, jelaskan!
  8. Bagaimanakah hubungan antara leukoplas, emiloplas, dankloroplas?
  9. Sebutkan benda-benda ergastik yang saudara amati dan sebutkan pula yang tidak sempat saudara amati!
  10. a. Apa nama titik awal terbentuknya amilum?
    b. Berdasarkan letak hilum dan jumlah hilum, macam amilum apakah yang terdapat pada umbi kentang?
  11. Jelaskan, dimanakah letak kloroplas yang kalian temukan?
  12. a. Sebutkan bentuk Kristal kalsium oksalat yang pernah saudara amati dan terdapat pada organ tanaman apa?
    b.Adakah bentuk lain yang belum teramati?
    c..Dimanakah letak Kristal kalsium oksalat di dalam sel tumbuhan?
  13. Mengapa asam oksalat diendapkan dalam bentuk kalsium oksalat di dalam sel tumbuhan.
  14. Sebutkan reagensia yang digunakan untuk mengidentifikasi:
    a. Kristal kalsium oksalat
    b. Minyak menguap
    c. Lignin
    d. Zat lender
    e. Butir aleuron
admin

Hanya seorang pelajar biasa yang ingin berbagi ilmu biologi kepada masyarakat via Pintar Biologi

Recent Posts

Jelaskan Pengertian Ekosistem Secara Lengkap

Pengertian Ekosistem Jelaskan Pengertian Ekosistem dan Contohnya Secara Lengkap - Pengertian Ekosistem - Di alam…

2 hours ago

Ascidian: Pengertian, Klasifikasi, Morfologi, dan Pemanfaatannya

Ascidian: Pengertian, Klasifikasi, Morfologi, dan Pemanfaatannya - Ascidian merupakan nama bagi kelompok hewan yang termasuk…

6 hours ago

√ Inilah Penjelasan Lima Tipe Utama ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) Lengkap

Inilah Penjelasan Lima Tipe Utama ZPT )Zat Pengatur Tumbuh) Lengkap - Ahli biologi tumbuhan telah…

10 hours ago

√ Rangkuman Materi Evolusi dalam Biologi Lengkap

Rangkuman Materi Evolusi dalam Biologi Lengkap - Beberapa pengertian tentang Evolusi : Perubahan dari spesies,…

14 hours ago

√ Daftar Istilah-Istilah Genetika dan Artinya

Daftar Istilah-Istilah Genetika dan Artinya - Pembahasan terkait istilah-istilah dalam Genetika sebenarnya sudah pernah dibahas…

18 hours ago

√ Sejarah Perkembangan Hidrobiologi (Limnologi)

Pendahuluan Sejarah perkembangannya dimulai dari tulisan Euclid (+ 300 SM), tentang optik, yang selanjutnya mengilhami…

22 hours ago

This website uses cookies.