Categories: Enzim

Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Kerja Enzim

Loading...

Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Kerja Enzim

PintarBiologi | Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Kerja Enzim | Kerja enzim dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim antara lain adalah sebagai berikut:

1. Konsentrasi Substrat

Hasil eksperimen menunjukkan bahwa dengan konsentrasi enzim yang tetap,maka pertambahan konsentrasi substrat akan menaikkan kecepatan reaksi. Akan tetapi pada batas konsentrasi tertentu, tidak akan terjadi kenaikan kecepatan reaksi walaupun konsentrasi substrat diperbesar.

Keadaan ini telah dijelaskan oleh Michealis – Menten dengan hipotesis mereka tentang terjadinya kompleks enzim substrat. Untuk dapat terjadi kompleks enzim substrat sebagaimana telah dijelaskan tadi, perlu adanya kontak antara enzim dengan substrat.

Gambar ilustrasi enzim (sumber: anneahira.com)

Kontak ini terjadi pada suatu tempat atau bagian enzim yang disebut bagian aktif. Pada konsentrasi substrat rendah, bagian aktif enzim ini hanya menampung substrat sedikit. Bila konsentrasi substrat diperbesar, makin banyak substrat yang berhubungan dengan enzim pada bagian aktif tersebut.

Dengan demikian konsentrasi kompleks enzim substrar makin besar dan hal ini menyebabkan makin besarnya kecepatan reaksi. Pada suatu batas konsentrasi substrat tertentu,semua bagian aktif telah dipenuhi oleh substrat atau telah jenuh dengan substrat.

Dalam hal ini, bertambahnya konsentrasi substrat tidak menyebabkan bertambah besarnya konsentrasi kompleks enzim substrat, sehingga jumlah hasil reaksi pun tidak bertambah besar.

Loading...

Baca juga: Enzim; Pengertian dan Sifat-Sifatnya

2. Suhu

Oleh karena reaksi kimia itu dapat dipengaruhi oleh suhu, maka reaksi yang menggunakan katalis enzim yang dapat dipengaruhi oleh suhu. Pada suhu rendah reaksi kimia berlangsung lambat, sedangkan pada suhu yang tinggi reaksi berlangsung cepat.

Disamping itu, karena enzim adalah suatu protein, maka kenaikan suhu dapat menyebabkan terjadinya proses denaturasi. Apabila terjadi proses denaturasi, maka bagian aktif enzim akan terganggu dan dengan demikian konsentrasi efektif enzim menjadi berkurang dan kecepatan reaksinya pun akan menurun.

3. Pengaruh pH

Seperti protein pada umumnya, struktur ion enzim tergantung pada pH lingkungannya. Enzim dapat berbentuk ion positif, ion negatif atau ion bermuatan ganda (zwitter ion). Dengan demikian perubahan pH lingkungan akan berpengaruh terhadap efektivitas bagian aktif enzim dalam membentuk kompleks enzim substrat.

Di samping pengaruh terhadap struktur ion pada enzim, pH rendah atau pH tinggi dapat pula menyebabkan terjadinya proses denaturasi dan ini akan mengakibatkan menurunnya aktivitas enzim.

4. Pengaruh Inhibitor

Oleh karena hambatan atau inhibisi pada suatu reaksi yang menggunakan enzim sebagai katalis dapat terjadi apabila penggabungan substrat pada bagian aktif enzim mengalami hambatan. Molekul atau ion yang dapat menghambat reaksi tersebut dinamakan inhibitor. Hambatan yang dilakukan inhibitor dapat berupa hambatan tidak reversibel atau hambatan reversibel.

Hambatan tidak reversibel pada umumnya disebabkan oleh terjadinya proses modifikasi sebuah gugus fungsi atau lebih yang terdapat pada molekul enzim. Hambatan reversibel dapat berupa hambatan bersaing atau hambatan tidak bersaing.

admin

Hanya seorang pelajar biasa yang ingin berbagi ilmu biologi kepada masyarakat via Pintar Biologi

Recent Posts

Mekanisme Gerak Otot pada Manusia dan Hewan

Untuk dapat melakukan suatu gerakan diperlukan koordinasi dari beberapa bagian tubuh. Walaupun otot dan tulang…

39 mins ago

Yuk Membuat Masker Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Jerawat adalah masalah serius bagi kulit wajah. Kemunculan jerawat pasti membuat kita menjadi tidak percaya…

5 hours ago

√ Klasifikasi, Morfologi dan Khasiat Obat Tumbuhan Sirsak (Annona muricata)

Klasifikasi Tanaman Sirsak (Annona muricata) Klasifikasi tanaman sirsak (Annona muricata) menurut Syamsuhidayat dan Hutapea (1991)…

9 hours ago

Inilah Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Tumbuhan Secara Lengkap

Inilah Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Tumbuhan Secara Lengkap - Pada kegiatan belajar ini, Anda…

13 hours ago

8 Jenis Penyakit Kulit, Pengertian dan Penjelasannya Lengkap

8 Jenis Penyakit Kulit, Pengertian dan Penjelasannya Lengkap - Dalam kesempatan kali ini, akan kita…

17 hours ago

Virus Chikungunya: Pengertian, Vektor Penular, Penyebaran, Penularan, Gejala & Terapinya

Virus Chikungunya: Pengertian, Vektor Penular, Penyebaran, Penularan, Gejala & Terapinya -  Virus Chikungunya adalah Arthopod…

21 hours ago

This website uses cookies.