Categories: Tulang

Gangguan Mekanik (Fraktura) Pada Tulang

Loading...

Gangguan Mekanik (Fraktura) Pada Tulang


PintarBiologi.com – Gangguan mekanik pada tulang merupakan jenis gangguan yang banyak kita jumpai. Gangguan ini kebanyakan disebabkan adanya benturan atau tekanan dari luar tubuh, misalnya tekanan atau benturan saat terjadi kecelakaan dan pukulan. Gangguan ini bisa berbentuk fraktura (patah tulang) atau retak.

Fraktura dapat dibedakan menjadi fraktura sederhana, fraktura sebagian, fraktura kompleks, dan fraktura berganda. Kalian dapat memahami keempat macam fraktura ini dengan mencermati Gambar di bawah ini.

Gangguan Mekanik (Frakture) Pada Tulang

1) Fraktura Sederhana

Pada gangguan jenis ini, tulang mengalami retak atau patah. Namun posisi patahan belum bergeser dari posisi awal dan tidak melukai otot yang ada di sekitarnya.

Loading...

2) Fraktura Sebagian

Fraktura sebagian atau greenstick adalah retak tulang yang tidak terjadi pada keseluruhan tulang, hanya sebagian saja. Apabila keretakan terjadi pada tulang pipa, hanya sebagian diameternya saja yang mengalaminya dan tulang tidak terpisah.

3) Fraktura Kompleks

Posisi tulang telah benar-benar terpisah saat terjadi gangguan ini. Otot di sekitar tulang yang patah terlukai. Pada kondisi yang berat, terkadang tulang dapat menembus otot di sekitarnya dan muncul di permukaan kulit. Hal ini terjadi jika ujung tulang yang patah bentuknya runcing. Gangguan ini disebut juga fraktura terbuka.

4) Fraktura Berganda

Pada patah tulang jenis ini, tulang terbagi menjadi beberapa bagian, namun masih terlindungi oleh otot. Fraktura berganda disebut juga dengan comminuted. Berdasarkan uraian tersebut, sangat wajar bila penderita gangguan tulang akibat berbagai jenis fraktura itu bisa mengalami rasa sakit yang sangat perih.

admin

Hanya seorang pelajar biasa yang ingin berbagi ilmu biologi kepada masyarakat via Pintar Biologi

Share
Published by
admin

Recent Posts

Alat dan Sistem Pernafasan Pada Hewan

PintarBiologi.com - Setiap kelompok hewan melakukan pernafasan dengan cara yang berbeda-beda. Berikut ini ala-alat pernafasan…

1 hour ago

Istilah-Istilah Dalam Kultur Jaringan

Dalam perbanyakan tanaman via kultur jaringan, banyak istilah-istilah yang umum digunakan. Istilah-istilah dalam kultur jaringan…

5 hours ago

Kultur Jaringan: Pengertian, Teknik, Syarat, Keuntungan dan Manfaatnya

Kultur Jaringan: Pengertian, Teknik, Syarat, Keuntungan dan Manfaatnya - Pada kesempatan kali ini kita akan…

9 hours ago

Batang; Anatomi, Struktur dan Fungsinya Bagi Tumbuhan

Batang; Anatomi, Struktur dan Fungsinya Bagi Tumbuhan PintarBiologi.com - Batang tumbuhan memiliki berbagai fungsi. Batang…

13 hours ago

Anatomi, Struktur dan Fungsi Akar Tumbuhan

PintarBiologi.com - Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang akar, yaitu seputar anatomi, struktur…

17 hours ago

Tumbuhan Tingkat Tinggi; Contoh Soal dan Pembahasan

PintarBiologi.com - Untuk melengkapi pokok bahasan tentang tumbuhan tingkat tinggi, untuk semakin memahamkan lebih lanjut,…

21 hours ago

This website uses cookies.